Badan Pegal Linu

Pegal-pegal memang sangat mengganggu aktivitas. Pegal-pegal bisa terasa dari pundak hingga betis. Otot-otot pundak seperti menggumpal, terasa sakit, juga tegang. Ketegangannya terasa dari leher hingga kepala. 

Begitu pula dengan pegal-pegal di betis. Rasanya seperti dililit tali secara kuat, susah digerakan, serta membuat tubuh letih meskipun tidak melakukan apa-apa. 

Dampak lain dari pegal-pegal yang teramat sangat, membuat susah tidur walaupun tubuh sangat lelah, pening di kepala, dan membuat mood tidak baik. 

Lalu bagaimana cara mengatasi pegal-pegal secara alami tanpa obat? Sebenarnya mengatasi badan pegal tidak harus dengan obat. Dari beberapa penelitian bahkan obat nyeri otot tidak lebih baik dibandingkan dengan cara mengatasi badan pegal secara alamiah. 
Pegal linu dapat disembuhkan dengan stretching teratur

Cara Mengatasi Badan Pegal Linu No.1 #: Berendam Air Hangat

Menurut ilmu kedokteran, badan pegal linu disebabkan karena adanya asam laktat. Hal semacam ini bisa diatasi dengan berendam air hangat. Oleh sebab itu, air hangat bisa digunakan untuk mengatasi betis pegal. 

Gunakan air hangat-hangat kuku. Campur dengan beberapa genggam garam. Lalu rendam kaki selama 15 menit dalam air tersebut. Lakukan hal ini sebelum tidur. 

Selain bisa menetralisir asam laktat, air hangat bisa mengaktifkan hormon endorphin. Itulah sebabnya -- selain mengurangi badan pegal -- mandi air hangat bisa membuat mood bisa jadi baik. 

Cara Mengatasi Badan Pegal Linu No. #2: Bekam atau Hijamah

Tidak sedikit orang mengatasi badan pegal linu dengan pijatan. Sebenarnya menghilangkan pegal linu dengan pijatan hanya bersifat sementara. Ada cara lebih baik untuk mengatasi pegal, yaitu dengan teknik bekam atau hijamah. 

Berbeda dengan teknik pijatan, apabila dibekam maka pegal linu akan hilang untuk waktu yang cukup lama. Bisa hitungan bulan. Selain itu, daya tahan tubuh akan meningkat drastis. 

Teknik bekam ini digunakan di beberapa rumah sakit Eropa, khususnya Jerman. Mereka menggunakan lintah sebagai "penyedot" darah. 

Pada umumnya klien merasakan manfaat dari bekam setelah melakukan 2 atau 3 kali bekam. Jika teknik bekam ini dikombinasikan dengan sedikit olahraga ringan, Anda bisa merasakan tidur nyenyak. Begitu Anda bangun tidur, Anda merasakan badan Anda layaknya seperti waktu masih kanak-kanak; tidak ada pegal badan, sebagai gantinya badan benar-benar bugar.

Namun perlu dicatat, sebaiknya Anda berbekam pada orang yang benar-benar ahli dan tersertifikasi. 

Cara Mengatasi Pegal Linu No. #3: Stretching 

Inilah cara terbaik lainnya untuk mengatasi badan pegal tanpa harus pijat ataupun obat. Cara ini adalah stretching atau peregangan. Mungkin Anda masih ingat ketika pelajaran olahraga di sekolah, sebelum melakukan olah raga Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Nah, biasanya selalu ada peregangan.

Melakukan peregangan tidak memerlukan biaya dan waktu yang lama. Tetapi dampaknya sangat luar biasa. Bagaimana melakukan peregangan untuk mengatasi badan pegal? Berikut ini caranya.
  • Lakukan peregangan di pagi hari sebelum matahari terbit. Karena udara masih sangat segar. Hal ini baik untuk paru-paru. 
  • Mulailah peregangan dari daerah leher, pundak, punggung, perut, paha, betis dan anggota badan lainnya. 
  • Untuk masing-masing titik (misalnya pundak) cukup 8 hitungan, diulang 3 kali. 
  • Lakukan dengan benar sehingga Anda benar-benar merasakan otot-otot ditarik dan meregang, ditandai dengan sedikit rasa sakit. 
Berapa lama Anda bisa merasakan manfaat dari peregangan ini? Tentunya hilangnya keluhan karena badan pegal? Dari pengamatan yang kami lakukan, jika Anda melakukan peregangan secara rutin, 10-15 menit di pagi hari, selama 14 hari maka pegal-pegal badan Anda akan hilang. 

Pegal yang mungkin tersisa setelah Anda melakukan 14 hari peregangan, biasanya sedikit pegal pada pundak atau bahu. Lakukan terus peregangan sampai badan Anda benar-benar terbebas dari pegal. 

Cara mengatasi pegal linu dengan peregangan lebih baik dibandingkan dengan urut atau pijat. Karena dengan peregangan, otot-otot tubuh benar-benar kembali rileks. Anda bisa terbebas dari pegal dalam arti yang sebenar-benarnya. 

Atasi Pegal Linu dengan Cukup Tidur

Perlu diingat, apapun usaha Anda untuk mengatasi pegal-pegal, semua usaha menjadi sia-sia apabila Anda tidak memperhatikan kualitas tidur Anda. 

Beri kesempatan tubuh mendapatkan tidur yang cukup. Tidur yang cukup bukan berarti Anda harus tidur sekian jam. Namun yang lebih penting dari itu adalah tingkat rileksnya. 

Tidur beberapa jam saja dengan tingkat rileks tinggi membuat tubuh sangat bugar. Inilah tidur yang berkualitas. Berikut beberapa tips agar Anda mendapatkan nikmat tidur nyenyak.
  1. Selesaikan tugas Anda. Jangan "membawa" pekerjaan ke dalam tidur Anda. 
  2. Berdoa sebelum tidur.
  3. Bersyukur atas hari yang sudah dijalani.
  4. Berserah; dalam hal ini Anda berserah diri dan mempercayakan semua urusan agar dikendalikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Sehingga Anda tidak membawa beban apapun dalam tidur.
  5. Berbaringlah. Tarik nafas dalam-dalam. Tahan selama mungkin. Ulangi selama 3 kali. Anda bisa merasakan seluruh tubuh Anda rileks.
Dengan melakukan beberapa tips di atas, Anda bisa mengatasi pegal - pegal leher, badan, betis -- tanpa harus pijat maupun minum obat. Tentu saja, cara di atas bahkan lebih baik daripada meminum obat maupun menggunakan balsem atau sejenisnya. 
Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »