Cara Mempertajam Daya Ingat

Apakah Anda masih ingat cara mudah mengingat urutan warna pelangi? "MeJiKuHiBiNiU." Itulah cara yang disebut mnemonic: cara yang membantu kita mengingat sesuatu, biasanya yang sukar diingat, seperti daftar panjang. 

Ada kita yang dapat kita lakukan setiap hari untuk mengingat sesuatu degan lebih baik. Ini bukan permainan, melainkan ara yang tepat untuk mengumpulkan informasi dan pengalaman agar otak menjadi lebih tajam sehingga daya ingat bekerja lebih baik. 

Berikut beberapa teknik yang dapat membantu cara mempertajam daya ingat:
  • Mengikat memori pada emosi. Norepiephrine yang dilepas pada saat pengalaman emosional membantu otak memindahkan pengingatan kembali pengalaman itu ke dalam penyimpanan jangka panjang. Kita ketahui bahwa mengikat hal yang ingin diingat kembali pada cerita yang sarat emosi akan dapat membantu. Misalnya apabila Anda mencoba mengingat kembali arah jalan, bayangkan mobil Anda menabrak tembok (seperti cerita kartun) jika Anda mengambil tikungan yang salah -- hal itu akan membantu Anda selalu ingat bagian tertentu dari arah tersebut. Atau bayangkan kekecewaan pasangan Anda apabila Anda lupa membawakan makan malam untuknya-- itu yang akan membantu mengingtkan Anda untuk melaksanakannya.
  • Banyak Informasi. Kita menerima banyak informasi, tetapi otak kita tidak dapat mengingatnya. Bagilah daya ingat ke dalam bagian kecil. Misalnya, kebanyakan orang pada suatu saat hanya dapat mengingat tujuh hal, seperti nomor telepon. Jadi apabila Anda harus mengingat 14 nama berlainan, ingat tujuh diantaranya saat tertentu. Itu lah sebabya, membuat garis besar atau tinjauan sebelum masuk ke dalam hal-hal rinci membantuk kita belajar dan mengingat dengan lebih baik. 
  • Konsentrasi. Konsentrasi adalah tindakan berpikir, membaca, atau belajar apabila pikiran kita seluruhnya terlibat secara aktif. Ini merupakan cara mempertajam daya ingat yang sering digunakan. Diperlukan kemauan kuat namun cukup berharga untuk secara teratur melatihnya. Menurut Dr. Khalsa, "Mampu mencapai tingkat konsentrasi tinggi sebagian besar disebabkan otak yang sehat, penuh dengan energi fisik. 
  • Melupakan secara Sadar. Saring, saring, saring. Dapat dimengerti, seringkali secara sadar kita melupakan hal-hal kecil karena membuat kusut ruang pikiran. Perasaan kita melakukannya sebagai diskriminasi perasaan; seharusnya kita melakukannya sebagai bagian dari diskriminasi kognitif. Daya ingat kerja, versi otak dari RAM, selalu kekurangan ruang, jadi gunakan sistem untuk menyimpan persediaan kecil-kecil agar tidak memenuhi ruang pikiran Anda tetapi tetap dapat digunakan pada saat diperlukan. Caranya: tulis jadwal Anda. Letakan barang -- kunci, dompet, dan sebagainya -- pada tempatnya. Buat daftar, catatan, dan arsip. Saring, saring, saring. 
  • Banyak Jalan Menuju Roma. Apabila banyak jalan menuju Roma, dengan sendirinya banyak jalan menuju daya ingat. Semakin banyak hubungan yang kita kaitkan dengan hal tertentu yang ingin diingat, seperti nama pelanggan, semakin banyak jalur saraf atau dendrit yang menuju ingatan tentan nama pelanggan itu: nama suaminya, jabatannya, warna mobilnya, atau kota asalnya. Inilah cara menyimpan dan mengingat memori melalu saluran ganda -- membuat pintu samping menuju hal tertentu, yang dapat membingungkan apabila kita sekonyong-konyong mencoba mengingat namanya dan berakhir dengan sia-sia. 
  • Enkode Ganda. Tandai ingatan Anda dengan lebih dari satu panca indera. Ulangi nomor telepon keras-keras, lihat, dan catat, maka tiga pancaindera telah "mencatat" nomor telepon itu. Oleh karena itulah, balajar meniru sangat baik bagi anak, karena pusat bahasa mereka belum sepenuhnya berkembang. Mencium merupakan cara yang kuat pula untuk "mencatat" sesuatu dalam ingatan; indra penciuman langsung menuju hippocampus dalam otak tanpa melalui hypothalamus yang harus dilalui oleh indera lainnya. Jadi, satu cara yang  mungkin: semprotkan parfum pada catatan nomor telepon pacar Anda setelah menuliskan dan melihatnya -- hanya saja, pastikan Anda memang menyemprotkannya dengan parfum kekasih Anda, bukan parfum orang lain!
  • PQRST. Metode studi sederhana dikenal dengan PQRST: Preview, Question, Read, State, and Test (Tinjau, Tanya, Baca, Tetapkan, dan Uji). Metode ini adalah cara mengasah ingatan kita mengenai apapun yang kita baca. 

  1. Preview - Tinjau. Sebelum membaca sesuatu, pindailah terlebih dahulu, mungkin hanya paragraf pertama dan terakhir dan baris pertama setiap paragraf. Tentukan ide "tinjauan awal" mengenai isi dan cerita artikel tersebut. 
  2. Question -- Tanya. Bertanya pada diri sendiri : apa yang saya ketahui mengenai pokok bahasan ini? Apakah saya pernah membaca tentang bahasan yang sama sebelumnya? Pertanyaan apa saja yang berkaitan tentang pokok bahasan tersebut yang dapat terjawab dari artikel ini?
  3. Read -- Baca. Baca artikelnya secara aktif, sambil mengingat-ingat pertanyaan yang Anda harapkan dapat terjawab. 
  4. State -- Tetapkanlah. Setelah menyelesaikan artikel, teliti kembali, mengingat kembali apa yang sudah Anda ketahui tentang bahasan tersebut dan tanyakan pada diri sendiri Apakah artikel tersebut pada akhirnya menjawab pertanyaan Anda mengenai topik tersebut.
  5. Test -- Uji. Uji daya ingat Anda mengenai artikel yang dibaca. 

  • Ulangi. Ulangi, ulangi, ulangi. Apabila Anda meneliti kembali sesuatu sebanyak tiga kali, Anda tidak hanya tiga kali lebih baik mengingat kembali apa yang dibaca, melainkan kira-kira 20 kali lebih siap untuk mengingatnya, karena pengulangan membawa kembali fungsii daya ingat, yang disebut kekuatan jangka panjang. Cukup dikatakan bahwa ketiga kajian ulang yang terpisah akan menghasilkan ingatan yang lebih baik daripada hanya membaca sekaligus sebanyak satu kali. 
Demikian beberapa teknik cara mempertajam daya ingat berdasarkan beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan kalangan akademisi. 
Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »