Perawatan Wajah Alami Dengan Madu

Anda tentunya mengenal madu. Sayang sekali apabila tidak mengenal juga manfaat madu bagi kecantikan dan kesehatan. Sebab madu merupakan salah satu hasil dari alam yang paling mudah didapatkan. Madu dapat digunakan sebagai bahan bagi perawatan wajah secara alami. 

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai perawatan wajah alami dengan madu, ada baiknya kita mengenal lebih jauh apa saja kandungan madu. 



Kandungan Madu

  • air : 17, 1 persen
  • karbohidrat: 82, 4 persen
  • protein : 0,5 persen
  • asam amino, vitamin, mineral
  • asam glikolat, asam sitrat, asam laktat, asam oksalat, asam malat, asam tartarat, asam glutamat
  • thiamin (B1), riboflavin (B2), piridoksin (B6), niasin, asam folat, biotin, asam pantotenant, vitamin A, betakaroten.
  • Enzim lipase, enzim invertase, enzim diastase, glukosa oksidase, dan enzim perikdase.
  • Belerang (S), Alumunium (Al), Molibdenum (Mo), Silikon (Si), Seng (Zn), Klor (Cl), Mangan (Mn), Fosfor (P). 
Fungsi Unsur dalam Madu Bagi Kesehatan

Pada masa-masa pertumbuhan dan perkembangan vitamin A memegang peranan penting. Oleh karena itu madu  sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Mengkonsumsi madu terbukti membuat daya tahan tubuh anak lebih tahan dari penyakit. 


Unsur penting lainnya dalam madu adalah riboflavin (B2). Unsur ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Karena kekurangan riboflavin bisa mengakibatkan bibir pecah-pecah dan luka-luka pada lidah. Pada beberapa kasus kekurangan riboflavin mengakitbakn mata terasa gatal dan yang paling parah mengakibatkan katarak. 


Sedangkan patotenat bekerja dalam menghasilkan hormon adrenalin dan memproduksi sel-sel darah merah. Tubuh hanya memerlukan sedikit asam patotenat dalam jumlah kecil. Namun berbagai gangguan kesehatan akan menyerang apabila kekurangan unsur ini. 


Kekurangan asam patotenat bisa menyebabkan insomnia, sakit kepala, gangguan pencernaan, kejang, jerawat, muntah-muntah, lesu kronis, kesemutan pada telapak tangan dan mati rasa. 


Asam patotenat juga berfungsi untuk mengatasi gangguan alergi, penyakit infeksi, insomnia, sindrom lesu, migren, stress, pembentukan hormon, mengatasi berbagai gangguna yang berkenaan dengan saraf otak. 


Manfaat Madu Secara Umum
Sebagai antibiotik, antibakteri, antiseptik, dan antiinflamasi. 

Madu Untuk Perawatan Wajah Alami

Pada artikel sebelumnya mengenai "Perawatan Kulit Wajah" telah disinggung sedikit bagaimana cara menggunakan madu sebagai bahan alami untuk merawat tubuh. Untuk itu kami jelaskan kembali bagaimana cara menggunakan madu dalam perawatan wajah. 


Pertama-tama, hangatkan madu dengan memasaknya. Setelah cukup nyaman, oleskan madu hangat tersebut ke wajah. Biarkan selama 10 hingga 15 menit. Dalam proses ini, maka zat-zat penting dalam madu bekerja pada kulit. Kulit wajah menyerap langsung berbagai unsur penting yang dijelaskan di atas. 


Setelah 15 menit, bilas wajah dengan sabun atau air hangat. Keringkan dengan handuk bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu. 

Referensi: 
http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_pantotenat

Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »