Glamping: Inilah Camping Mewah Ala Korea

Setelah membuat dunia demam dengan K-Pop, kini Korea lagi-lagi memunculkan trend baru: glamping, glamorous camping. Konsepnya adalah camping yang dikombinasikan dengan kenyamanan serta kemewahan hotel berbintang. 

Trend ini memang sedang marak-maraknya di Korea Selatan. Berbagai tempat glamping tumbuh bak jamur di musim hujan. Pertumbuhan ekonomi yang pesat di Korea dan kebutuhan aktivitas pelepas stress mungkin merupakan alasan utama mengapa glamping sangat digemari di Negeri tersebut. 

Seperti dilansir oleh beberapa institusi internasional, tingkat stress di Korea Selatan menempati urutan pertama. Begitu pula dengan kasus bunuh diri, menyalip Jepang yang terkenal dengan harakirinya. 

Dengan glamping, Anda bisa memanjakan diri dengan keindahan alam sambil berselancar dengan Wi-Fi, penghangat maupun pendingin ruangan, tempat tidur yang mewah, kursi yang aduhai nyaman, shower pemandian dengan air hangat ataupun dingin, dan pastinya sarapan lezat seperti kaum borjuis. 
Glamping merupakan versi upgrade untuk kegiatan tamasya.

Apa itu Konsep Glamping? 

Glamping merupakan versi upgrade untuk kegiatan tamasya. Merupakan salah satu hal yang dicari oleh komunitas traveler untuk menikmati sensasi camping tanpa harus disulitkan oleh berbagai tetek bengek sebagaimana camping tradisional. 

Dalam glamping, Anda sudah tidak perlu bersusah payah mendirikan tenda, membuat api unggun, ataupun membawa perlatan masak, tidur, dan lain sebagainya. 

Menikmati kemolekan bentangan alam tanpa harus meninggalkan berbagai kenyamanan merupakan konsep inti dari glamorous camping ini. Anda bisa menikmati hangatnya secangkir kopi sambil memandang tarian dua angsa putih di sisi kolam. Atau menikmati sarapan mewah sembari mendengarkan kicauan burung-burung di dedahanan pepohonan. Menikmati kayak, berdayun sampan tanpa harus memikirkan makanan untuk siang nanti. 

Tujuan Glamping

Seiring dengan perkembangan trend glamping, beberapa penyedia glamping semakin spesifik dalam memberikan pelayanannya. Ada glamping untuk seorang diri, keluarga, dan ada pula untuk komunitas.

Pribadi

Ada glamping yang ditujukan untuk pribadi seorang diri. Mungkin bila Anda seorang dengan kepribadian intorvert, maka glamping seorang diri sangat cocok.

Camping seorang diri membuat kita bisa menikmati kesendirian. Dan tujuannya adalah menyediakan waktu-waktu untuk merefleksikan diri. Anda menjernihkan kembali pikiran yang mungkin karena kesibukan sehari-hari selalu merasa tegang. Maka glamping merupakan salah satu cara mendamaikan kembali telaga pikiran. 

Tiga hari yang berkualitas dapat mengembalikan diri lebih damai. 

Pasangan

Inilah glamping yang paling sering ditawarkan, terutama di Korea. Masa-masa bulan madu bisa merupakan saat paling tepat dalam menikmati glamping. 

Masa-masa penuh cinta, dimana bunga-bunga kasih bermekaran, semakin merekah ketika ditempatkan di tempat-tempat romantis. 

Sarapan pagi yang mewah, kamar tidur dengan kenyamanan hotel bintang lima, dan kemewahan yang ditawarkan alam membuat pasangan benar-benar menikmati kehidupan. 

Jadikan masa-masa bulan madu sebagai waktu paling istimewa. Untuk itu, pasangan ini memang harus menyediakan masa persiapan yang benar-benar tepat. Agar semuanya berjalan lebih baik daripada yang diharapkan. 

Di malam hari-- dining yang romantis, ditemani cahaya temaram, suara lembut dari alam, dan pesona kecantikan dan ketampanan -- menciptakan kesan yang membekas dalam hati. 

Keluarga

Glamping dengan konsep keluarga lebih banyak menawarkan kegiatan-kegiatan outdoor dengan melibatkan semua anggota keluarga, di antaranya:
  • Go Ape
  • Memanah
  • Kayak 
Go Ape merupakan salah satu paket dimana anggota keluarga mengeksplorasi sisi "wild". Memanjat pohon, melewati halang rintang dari tali temali dari satu pohon ke pohon yang lain adalah contoh kegiatan ini. 

Adrenalin dan derai tawa yang meningkat membuat setiap anggota keluarga melepaskan stress mereka. Dan tentu saja, jalinan dari ikatan keluarga akan semakin erat. Kegiatan sejenisnya adalah bermain sampan ataupun belajar memanah di alam terbuka. 

Perusahaan

Produktivitas kerja terutama dalam team work membutuhkan jalinan chemestry yang kuat. Beberapa penyedia glamping melihat peluang ini. 

Di Eropa sudah banyak glamping yang menyediakan berbagai aktivitas untuk kalangan korporat. Di antara kegiatan menciptakan jalinan team work adalah olahraga polo. 

Olahraga polo dengan kuda-kuda yang gagah merupakan salah satu faktor pendongkrak kepribadian dan kelas sosial. Polo merupakan simbol kesuksesan. Dengan bersama-sama melakukan olahraga ini, setidaknya akan menyerap mindset berkelimpahan pada semua karyawan. 

Kegiatan dalam Glamping

Selain menikmati malam-malam yang mewah di tenda, Glamping menawarkan berbagai hal sebagaimana telah dijelaskan di atas. Jalan-jalan mengunjungi tempat wisata (alam) dan melakukan aktivitas fisik merupakan hal lain yang sangat menarik.

Mungkin beberapa penawaran seperti di bawah ini membangkitkan minat Anda:
  • Main sampan/kayak di pantai atau di sungai
  • Menerbangkan balon-balon ke udara.
  • Menyusuri sisi pegunungan dengan sepeda
  • Hiking ke air terjun
  • Kursus Memasak
  • Mobile Spa
  • Berpetualang ke tempat-tempat eksotis
  • Melihat berbagai budaya Korea 
  • Mencicipi panganan khas Korea
  • Menikmati Bioskop Mini di malam hari
  • Karaoke K-Pop 

Harga Glamping

Harga glamping sangat bervariatif. Tergantung lama dan paket yang diambil. Untuk dua hari glamping harganya 1.5 juta hingga 8 juta untuk satu minggu. 

Ada pula yang memasang tarif per malam. Mungkin ini lebih umum pada agen-agen glamping di Amerika. Namun inipun tergantung pada musim. Jika musim liburan tentunya akan lebih mahal.

Beberapa Destinasi Glamping

Selain booming di Korea, glamping sudah mewabah ke seluruh penjuru dunia. Hampir di semua benua ada destinasi glamping yang mewah. Mulai dari Amerika Utara, Australia, Afrika hingga ke Asia.

Untuk Indonesia sendiri, Lombok merupakan salah satu pulau yang menjadi tujuan glamping internasional. Tepatnya di Pantai Beruga.

Campers bisa menikmati berbagai suasana pantai nan menawan: Yoga, snorkling, berenang, surfing, maupun memancing. Lombok memang dikenal sebagai tujuan wisata untuk kalangan berduit.

Biaya per malam bisa mencapai 300 dollar. Sayang sekali ya, potensi wisata ini ternyata sudah disabet oleh pihak luar. Semoga ke depan kita bisa mengelelola potensi wisata kita sendiri.


Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »