Cara Mencegah Rambut Rontok Secara Alami Cepat

Cara mencegah rambut rontok ada beberapa cara. Tergantung pada penyebab dari kerontokan. Sebagian rontok karena kurang perawatan yang kurang saja, tetapi sebagian lain rontok karena sebab-sebab serius, seperti pertumbuhan jamur, infeksi, atau kekurangan nutrisi.

Rambut adalah mahkota. Rambut merupakan unsur utama kecantikan. Dengan sehatnya rambut, akan nampak kecantikan, keanggunan, atau ketampanan. Lalu bagaimana bila rambut bermasalah, terutama pada wanita? Masalah utama rambut bisa bermacam-macam: ketombe, kusam, lepek, dan pecah-pecah. Tetapi yang paling mengkhawatirkan adalah kerontokan. Oleh karena itu artikel berikut dimaksudkan untuk membahas mengenai rambut rontok dan cara mencegah rambut rontok.

Pada dasarnya kerontokan rambut merupakan hal normal jika tingkat kerontokannya tidak terlalu berlebihan. Kerontokan rambut normal berkisar 50-100 helai. Tapi bila tingkat kerontokan rambut melebihi itu, perlu berhati-hati. 

Banyak faktor penyebab rambut rontok. Namun sejatinya penyebabnya hanya dua faktor saja: faktor internal dan atau faktor eksternal. Untuk lebih jelasnya berikut ini dipaparkan beberapa hal yang menyebabkan kerontokan rambut:
  • Perubahan hormonal
  • Penyakit kronis (kanker, stroke, diabetes melitus/kencing manis)
  • Penyakit kulit
  • Alergi
  • Stress
  • Infeksi Akibat Jamur
  • Penyakit Trichotillomania
  • Pengaruh Obat-obatan
  • Tubuh Kekurangan Nutrisi
  • Rusak karena zat-zat kimia (biasanya dari kosmetik)
  • Merokok
  • Genetik
  • Kekurangan Zat Besi (Anemia)
  • Kesalahan Perawatan
Mari kita bahas satu per satu. Dengan begitu kita mengetahui apa penyebab kerontokan rambut yang kita alami. 

Kenali Sebab-Sebabnya Sebagai Cara Mencegah Rambut Rontok

Hormonal

Hormonal - Ketidakseimbangan hormonal merupakan salah satu penyebab rambut rontok. Misalnya yang terjadi para wanita hamil atau monopouse. Pada masa ini terjadi perubahan kadar hormon. Perlu beberapa waktu agar hormon dalam tubuh kembali seimbang. 

Ketika hormon kembali seimbang dalam tubuh, biasanya gejala kerontokan akan menghilang dengan sendirinya. Kerontonkan karena hormon ini biasanya terjadi pada usia di atas 30-an. 

Penyakit Kronis

Cara mencegah rambut rontok terbaik adalah dengan cara menjaga kesehatan tubuh. Penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan anemia merupakan penyebab rambut rontok. Oleh karenanya jangan pernah melalaikan kesehatan tubuh. 

Apabila penyakit menjangkiti tubuh, maka nutrisi tubuh tersedot, jaringan tubuh rusak, dan fungsi metabolisme banyak mengalami kegagalan. Cara terbaik menghindari penyakit kronis adalah menjaga asupan nutrisi, olahraga, juga pola makan yang sehat. 

Stress

Stress berat bisa mengakibatkan urat-urat syaraf semakin melemah. Hal ini mengakibatkan rambut rontok. Stress tidak hanya mengakibatkan kerontokan rambut, melainkan juga menciptakan gangguan berat badan, dan merusak kehalusan kulit. 

Hormon testosteron meningkat seiring meningkatnya stress. Selain itu ketegangan akibat stress menghambat sirkulasi darah. Begitu pula sirkulasi darah ke kulit kepala terhambat. Akibat terhambatnya darah, asupan gizi untuk akar rambut pun terhambat. Lambat laun rambut mengalami kerontokan. 


Infeksi 

Infeksi merupakan penyebab kerontokan parah. Infeksi ini bisa disebabkan oleh jamur atau cacing. Penyebabnya bisa karena kurang bersihnya kulit kepala. Pada umumnya kulit kepala berminyak lebih rentan terserang infeksi. 

Karena infeksi ini berkaitan dengan kesehatan kulit, penderita sebaiknya pergi ke dokter untuk mendapatkan saran dari dokter. 

Infeksi karena cacing dapat menyebabkan kebotakan permanen. Oleh karena itu sebelum lebih parah lagi, perlu penanganan komprehensif. 

Kesalahan Perawatan

Penyebab lainnya, namun tidak menyebabkan rontok parah, adalah kesalahan perawatan. Hal ini mencakup pemakaian kosmetik, cara menyisir, ataupun pewarnaan. Pemilihan kosmetik pun berkontribusi atas kerusakan dan kerontokan. 

Cara Mencegah Rambut Rontok : Lakukan Hal Berikut Ini

Berikut ini cara-cara mencegah rambut rontok dari berbagai segi. 
  • Bersihkan rambut dengan keramas. Jaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala. 
  • Jangan menggunakan pengering rambut terlalu sering. 
  • Berhenti merokok. Penelitian terakhir menunjukan merokok dapat menyebabkan kerontokan. 
  • Lakukan creambath. Dengan creambath rambut mendapatkan nutrisi dari luar. 
  • Jangan menyisir rambut ketika masih basah. 
  • Kurangi aktivitas pewarnaan dan segala macam cream rambut. 
  • Banyaklah konsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti sayur-sayuran.
  • Jangan berlebihan mengkonsumsi Vitamin A. Suplemen Vitamin A dalam jangka lama dapat membuat rambut tipis. 
  • Rawat segera apabila kulit kepala termasuk jenis berminyak dalam kadar berlebihan. 
  • Kurangi paparan polusi 
  • Jangan gunakan sisir terlalu rapat

Cara Mencegah Rambut Rontok Dengan Asupan Gizi

Tidak kalah pentingnya dalam menjaga kesehatan rambut adalah dengan asupan makanan bergizi. Jika Anda terbiasa makan goreng-gorengan atau makanan cepat saji, maka itu kurang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. 

Rambut sehat dibentuk oleh beberapa vitamin di antaranya:
  • Vitamin B. 
  • Vitamin B3
  • Vitamin B5
  • Vitamin B9
  • Vitamin C
  • Vitamin E
Vitamin B mengandung zat bernama Biotin. Zat ini merupakan unsur yang membuat rambut menjadi lebih sehat, lebat, dan mengkilap. Selain itu biotin menyehatkan kuku. Dengan mengkonsumsi Vitamin B, akar menjadi lebih kuat, rambut lebih lentur, dan tumbuh sehat. 

Tidak sulit mendapatkan unsur biotin. Kita bisa mendapatkannya dari telur, daging, kacang-kacangan, pisang, dan gandung. Biotin juga terkandung pada jenis sayuran lainnya seperti wortel dan kedelai. 

Mengkonsumsi Vitamin B3 juga merupakan salah cara mencegah rambut rontok. Vitamin B5 juga termasuk yang sangat penting karena vitamin ini membantu pertumbuhan rambut. Selain bagus untuk mahkota kita, Vitamin B5 dapat menyamarkan bahkan menghilangkan bekas jerawat serta menjaga kesehatan kulit.

Vitamin B5 banyak terdapat pada buah dan sayuran. Alpukat, brokoli, Apel, Pisang, Kubis, Asparagus, Labu, Biji Bunga Matahari, dan Kacang-Kacangan merupakan sumber Vitamin B5. Vitamin ini bisa didapatkan dari sumber hewani juga. Terutama dari ikan, unggas, dan daging.

Anda dapat mengkonsumsi satu atau beberapa jenis buah/sayuran yang Anda sukai. Hal ini membuat akan membuat tubuh Anda selalu dalam kondisi fit. Dan tentu saja jika tubuh selalu fit, rambutpun akan terlihat lebih mengkilap.

Vitamin B9 merupakan Vitamin penting bagi pertumbuhan rambut. Vitamin ini juga dikenal dengan asam folat. Merupakan zat yang baik untuk mencegah rambut rontok.

Beberapa jenis buah-buah mengandung Vitamin B9 adalah jeruk bali, pepaya, alpukat, strawberi. Adapun sayuran yang mengandung asam folat diantaranya asparagus, jagung, dan bayam.

Vitamin C juga merupakan zat penting jika Anda ingin mencegah rambut rontok. Banyak sekali manfaat dari vitamin ini, terutama fungsinya sebagai antioksidan. Apabila tubuh cukup antioksidan, maka kesehatannya akan terjaga.Sebab antioksidan mencegah serangan bakteri, parasit, juga radikal bebas.

Jambu biji, jeruk dan kulit manggis sangat baik sebagai sumber Vitamin C dan antioksidan. Sebagaimana sudah banyak diketahui, antioksidan akan membuat kulit, rambut, dan organ tubuh lainnya selalu dalam keadaan sehat.

Rambut yang cukup dengan Vitamin C akan selalu tampak segar. Tidak kusam. Tidak pula mengalami gangguan seperti bercabang, apalagi rontok.

Terkhir adalah Vitamin E. Vitamin ini dikenal sebagai vitamin yang membuat kulit sehat. Vitamin E juga bisa menghaluskan kulit. Oleh sebab itu banyak produk kecantikan kulit yang di dalamnya kaya kandungan Vitamin E.

Alam telah menyediakan berbagai sumber Vitamin E. Tauge dan bayam merupakan contoh sumber vitamin E yang mudah sekali didapatkan.

Cara Mencegah Rambut Rontok Secara Tradisional

Ada pula cara-cara untuk mencegah rambut rontok secara tradisional. Cobalah beberapa cara di bawah ini untuk membantu mengurangi rambut rontok sekaligus menjadikan rambut lebat. Adapun tanaman herbal yang dapat digunakan untuk melebatkan rambut adalah:

  1. Pepaya
  2. Jeruk Nipis
  3. Lidah Buaya
Buah Pepaya. Karena faktor genetik, beberapa orang memiliki rambut tipis. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan pepaya. Ambilah pepaya yang matang. Ambil isinya dengan menggunakan sendok. 

Kemudian gosokan bagian kulit dalam ke rambut. Gosok merata hingga mengenai kulit kepala. Diamkan 30 menit sampai 1 jam. Lalu bilas dengan air bersih. 

Lakukan hal cara ini beberapa kali dalam seminggu. Pencegahan alami ini bisa menyehatkan dan menebalkan rambut tipis. 

Jeruk Nipis. Jeruk nipis banyak mengandung antioksidan. Karena itu bisa digunakan untuk menyehatkan kulit kepala yang kurang sehat. 

Belahlah jeruk menjadi dua. Gosokan ke kulit kepala sampai merata. Biarkan kulit kepala menyerap antioksidan dari jeruk nipis. 

Anda bisa melakukan ini sesering mungkin. Karena semakin sering kulit kepala mendapatkan antioksidan, semakin baik menangkal berbagai radikal bebas maupun proses oksidasi. Manfaat air jeruk nipis ini sangat luar biasa. Bila Anda membelah apel, kemudian dilumuri dengan air jeruk, apel tersebut lebih lama membusuk. Inilah fungsi dari antioksidan tersebut. 

Jika antioksidan ini melindungi kulit kepala, maka rambut dengan sendirinya terhindar dari berbagai penyakit. Kulit kepala yang sehat akan membuat akar rambut kuat. 

Lidah Buaya. Bagi masyarakat Indonesia, lidah buaya sudah tidak asing lagi. Terutama bagi perawatan kecantikan rambut. Di beberapa daerah, lidah buaya tumbuh sangat subur. Selain untuk rambut, daging lidah buaya biasanya dijadikan makanan seperti dodol. 

Untuk mencegah rambut rontok, gunakan lidah buaya yang masih segar. Belah dan oleskan cairan kental di dalamnya baik ke rambut maupun kulit kepala. 

Sebaiknya Anda melumuri rambut dengan lidah buaya di waktu sore hari menjelang mandi petang. Karena sisa-sisa dari zat yang dikandung lidah buaya akan tetap aktif di malam harinya. 


Demikian artikel kesehatan kali ini. Semoga dengan membacanya akan menambah pengetahuan kita mengenai bagaimana cara mencegah rambut rontok.





Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »