Cara Mengatasi Jerawat Dengan Cepat

Cara mengatasi jerawat dengan cepat merupakan satu hal yang penting bila ingin memiliki wajah halus mulus. Wajah merupakan unsur utama dalam kecantikan. Wajah bebas jerawat merupakan dambaan bagi setiap orang, khususnya kaum wanita. 

Tetapi bagaimana cara mengatasi jerawat yang mengganggu penampilan? Tentu saja kita tidak bisa memberikan resep sama rata kepada semua. Karena penyebab jerawat kadang berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain. 

Hal tersebut memang disebabkan karena perbedaan jenis kulit. Kulit manusia ada yang berminyak, kering, normal, ada pula yang sensitif. Pada artikel sebelumnya, kami telah menuliskan cara-cara mencegah jerawat. Namun ada baiknya kita menambah pembahasan mengenai pencegahan jerawat. 

Cara Mencegah Jerawat Secara Tradisional

Ada baiknya  kita mencegah timbulnya jerawat. Karena apabila ada jerawat, meskipun satu, dapat mengganggu penampilan. Dan tentunya dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Anda bisa menggunakan mentimun untuk mengkompres wajah. Iris-lah mentimun tipis-tipis. Letakan di wajah. Biarkan selama 15-30 menit. Perawatan semacam ini biasa sangat umum dilakukan oleh wanita Indonesia semenjak zaman dahulu.

Selain untuk mencegah, timun juga digunakan untuk mengobati jerawat. Mentimun memiliki sifat antiseptik. Sehingga bisa membunuh bakteri penyebab infeksi jerawat. Dengan mengkompres wajah dengan mentimun, kita sudah melakukan pencegahan terhadap timbulnya jerawat.

Mentimun memiliki sifat sebagaimana toner. Jika kita menggunakannya sebagai toner, maka dapat mengecilkan pori-pori kulit wajah. Di samping itu timun memiliki sifat yang dapat mencerahkan kulit.

Jeruk Nipis juga sangat baik untuk merawat kulit wajah agar tetap mulus. Jeruk mengandung berbagai zat bermanfaat bagi tubuh. Yang paling penting adalah kandungan antioksidannya. Apabila kulit wajah sering dibersihkan dengan jeruk nipis, akan tampak lebih muda. Hal ini merupakan hasil dari perlindungan yang diberikan jeruk berupa antioksidan.

Antioksidan yang terserap dapat melawan berbagai bakteri penyebab jerawat, mencegah timbulnya infeksi, dan melenturkan kulit.

Cara lain untuk mencegah jerawat adalah dengan menggunakan masker pendingin. Banyak ragam masker pendingin, masker bengkoang. Dengan masker pendingin, kulit menjadi rileks. Hal ini baik bagi kesehatan serta imunitas tubuh.

Selanjutnya, agar wajah terhindar dari jerawat, janganlah menggunakan make up secara berlebihan. Make up memang bisa menambah pesona kecantikan. Namun di balik itu, make up dapat mengotori kulit wajah dan menyumbat pori-pori.

Jika malas membersihkan wajah, apalagi menjelang tidur tidak tertutup kemungkinan jerawat muncul dengan cepat. Bersihkanlah dengan toner. Agar benar-benar bersih dari sisa make up, Anda bisa mengulanginya hingga 3 kali. Prosedur ini setidaknya mengangkat kotoran penyumbat pori-pori.

Ringkasnya......

  1. Kompres Wajah Dengan Mentimun
  2. Bersihkan Wajah Dengan Jeruk Nipis
  3. Gunakan Masker Pendingin
  4. Hindari Penggunaan Make Up Secara Berlebihan
  5. Selalu Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

Cara Mengatasi Jerawat Dengan Menghindari Penyebabnya

Mengatasi jerawat bisa dikatakan susah-susah gampang. Ada sebagian orang kesulitan mengatasi jerawat meskipun telah melakukan berbagai cara. Ada pula yang sangat mudah mengatasi jerawat. Beberapa faktor berkontribusi atas cepat tidaknya kesembuhan.

Jenis kulit, tingkat imunitas, nutrisi, kebiasaan, dan berbagai faktor lainnya adalah faktor penyebabnya. Oleh karena itu, ketika Anda tidak menemukan cara mengatasi jerawat dengan cepat, jangan berkecil hati. Lihatlah masalah ini dari berbagai sisi.

Hindari...

Sebelum melakukan pengobatan apapun, pertama-tama Anda harus menghindari berbagai hal penyebab timbulnya jerawat. Atau, hal-hal yang dapat memperburuk masalah jerawat Anda.

Dengan menghindari berbagai penyebab jerawat, kita sudah melakukan langkah pertama yang termasuk cara mengatasi jerawat dengan cepat.

  1. Kebiasaan Malas Membersihkan Wajah
  2. Kebiasaan Menggunakan Make Up tidak Proposional
  3. Mengkonsumsi Makanan Yang Memperparah Kesehatan Kulit; hindari mengkonsumi telur, ikan, dan susu. 
  4. Kurangi konsumsi produk-produk dengan banyak pengawet, seperti mie dan makanan kecil lainnya. 
Selain itu, perhatikan baik-baik sebelum menggunakan produk pembersih atau kecantikan. Karena dalam beberapa kasus, bukannya mencerahkan, produk kecantikan ada yang menimbulkan jerawat. 

Oleh karena itu, ketahui dahulu jenis kulit Anda. Ujilah produk tersebut sedikit. Misalnya, apakah setelah pemakaian produk tersebut wajah menjadi lebih berminyak, lebih kering, atau ada dampak lainnya. 

Sekiranya ada dampak buruk, maka jangan teruskan. Misalnya memakai produk untuk mengurangi minyak diwajah, justru dampaknya meningkatkan produksi minyak di wajah. 

Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Setelah menghindari berbagai penyebab yang memperparah timbulnya jerawat, kita masuk ke langkah berikutnya: cara mengobati jerawat. 

Jerawat dapat diatas dengan secara alami. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Basuhlah wajah hingga bersih sehabis bangun tidur dan menjelang tidur. Selain karena masalah hormonal, jerawat bisa terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan karena debu dan kotoran lainnya. 
  • Gunakan antioksidan. Berilah wajah Anda asupan antioksidan. Bisa berasal dari perawatan luar atau perawatan dalam. Untuk perawatan luar Anda bisa gunakan belahan jeruk nipis dengan cara digosok-gosokan. Sedangkan dari dalam -- ini lebih penting -- dengan mengkonsumsi antioksidan tinggi, yaitu dengan meminum saripati kulit manggis. Ambilah kulit manggis dengan cara mengeriknya dengan sendok. Rebus atau blender. Dan minum saripatinya. Lakukan prosedur ini selama satu bulan. Lihat! Anda akan merasakan perubahannya. 
  • Jangan sering-sering mengusap ataupun memencet jerawat. Pertama karena hal ini bisa menyebabkan infeksi. Kuman-kuman di telapak tangan berpindah dan bercampur dengan cairan di jerawat. Inilah yang memperburuk infeksi. 

6 Cara Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

1. Es

Es dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Es dapat melancarkan peredaran darah. Selain itu dapat membersihkan kotoran. Es juga bermanfaat untuk mengecilkan pori kulit dan membekukan area yang terkena infeksi. Caranya?
  • Ambil sedikit es. 
  • Letakan es pada selembar kain halus atau sapu tangan. 
  • Usapkanlah es tersebut perlahan-lahan pada jerawat. 
  • Tunggu beberapa saat sebelum mengulangi prosesnya. 
  • Cara mengobati dengan cara ini cocok untuk menghilangkan jerawat batu. 

2. Madu

Madu merupakan satu-satunya produk di alam yang tidak dapat ditembus oleh bakteri. Oleh sebab itu, madu sangat baik sebagai antiseptik. Madu juga memiliki kandungan luar biasa segala unsur yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Anak-anak dan orang yang rajin mengkonsumsi madu akan memiliki imunitas tubuh yang tinggi. Karenanya mereka jarang sakit. 

Kabar baiknya, madu bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi jerawat. Inilah cara menggunakan madu sebagai obat untuk menghilangkan jerawat. 
  • Teteskan sedikit madu pada kapas. Bisa gunakan dengan cotton bud. 
  • Oleskan langsung madu tersebut pada bintik jerawat. 
  • Biarkan beberapa lama sekitar 30 menit.
Anda juga bisa mencampur madu dengan air jeruk nipis sebelum diteteskan ke bintik jerawat. Kedua bahan ini mengandung antiseptik dan antioksidan. Apabila Anda rajin melakukannya, madu dapat mengurangi infeksi juga iritasi pada kulit wajah. 

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat yang dapat mencegah tumbuhnya jamur, bakteri, maupun parasit. Dan seperti jeruk, bawang putih juga sangat baik sebagai antioksidan guna menangkal radikal bebas. 

Karena berbagai zat yang dikandungnya ini, termasuk zat anti kanker, bawang putih bisa digunakan sebagai obat jerawat secara alami dan cepat. Caranya-pun cukup mudah. 
  • Bersihkan bawang putih. 
  • Kupas kulit luarnya. 
  • Belah bawang putih menjadi dua bagian.
  • Usapkan pada wajah atau bintik jerawat.
  • Usapkan perlahan-lahan selama 5 hingga 10 menit. 
  • Bersihkan dengan air hangat. 
  • Anda dapat melakukan prosedur ini beberapa kali dalam sehari.
Bawang putih sangat baik untuk tubuh. Namun perlu diingat, sebagian orang alergi dengan bawang putih. Cobalah sedikit untuk mengetahui apakah Anda alergi ataukah tidak. Jika alergi, Anda bisa menggunakan saripati bawang putih yang beredar di pasar. 

4. Pasta Gigi

Pasta gigi bisa juga digunakan sebagai obat cepat mengatasi jerawat. Kiranya setiap rumah pasti memiliki pasta gigi. Oleh karena itu, mengobati jerawat dengan pasta gigi merupakan caya efektif, mudah, dan tentunya murah. 

Berikut ini cara menggunakannya:
  • Gunakan pasta gigi putih, bukan bentuk jel.
  • Letakan sedikit di ujung jari
  • Usapkan pada bintik jerawat
  • Biarkan hingga 2 atau 3 jam
  • Lakukan 2 kali dalam sehari
Sangan mudah bukan? 

5. Jeruk Limau

Jeruk limau atau lemon sudah sangat dikenal sebagai obat berbagai penyakit. Dan termasuk sebagai cara mengatasi jerawat dengan cepat. Air jeruk limau mempercepat pengeringan infeksi yang disebabkan jerawat. 

Oleskan air jeruk limau ke bintik jerawat setiap malam sebelum tidur. Biarkan zat-zat antioksidannya meresap ke dalam kulit. Bersihkan wajah dengan air hangat di pagi harinya. 

6. Timun

Timun mengandung berbagai vitamin penting seperti Vitamin C dan Vitamin E. Kedua jenis vitamin tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, termasuk kulit wajah. 
  • Potonglah timun menjadi beberapa bagian tipis.
  • Rendam di dalam air selama 1 jam. 
  • Gunakan air rendaman tersebut untuk membasuh wajah. 
  • Air dari rendaman timun sudah menyerap berbagai mineral dan vitamin dari timun seperti potasium dan klorofil.
  • Anda juga bisa menjadikan timun sebagai masker. Biarkan potongan-potongan mentimun menutupi wajah Anda selama 15 menit. Ini adalah proses penyerapan potasium dan anti bakteri. 
Semua hal yang dipaparkan di atas merupakan salah cara saja untuk menghilangkan jerawat. Adapaun secara umum, cara mengobati jerawat terbagi menjadi tiga bagian. Yaitu:
  1. Perawatan di Rumah, seperti cara-cara yang dijelaskan di atas.
  2. Mengubah Gaya Hidup, 
  3. Perawatan oleh Dokter.
Pada artikel selanjutnya, kita akan membahas tiga cara komprehensif untuk menghilangkan jerawat. Untuk saat ini, kita akhiri pembahasan mengenai cara mengatasi jerawat dengan cepat. 



Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »