Penyebab Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya

Penyebab jerawat batu adalah karena infeksi. Inilah penyebab yang paling umum. Selain karena infeksi, penyebab lainnya adalah karena obat-obatan. Terutama obat-obatan yang mempengaruhi hormon tubuh, seperti pil KB. 

Gina sendiri ketika baru memasuki masa pubertas pernah mengalami hal ini: jerawat batu tumbuh di wajah. Satu jerawat saja sudah cukup meruntuhkan kepercayaan diri (lebay...). 

Apa sih sebenarnya penyebab timbulnya jerawat batu? Jerawat batu timbul karena beberapa faktor:
  • Wajah berminyak
  • Debu/kotoran
  • Pori-pori tertutup

Penyebab Jerawat Batu dalam Penjelasan Rinci

Wajah berminyak sangat rentan terhadap timbulnya jerawat batu. Apabila seseorang memiliki jenis kulit berminyak, kemudian melakukan perjalanan (7 hingga 8 jam) dan terkena debu, maka dapat dipastikan akan tumbuh jerawat batu. Inilah yang pernah Gina alami. 

Meskipun kadar minyak wajah amat sedikit, apabila terkena udara bebas, sinar matahari, debu, dan keletihan, akan mudah sekali terkena infeksi.

Infeksi ini-lah penyebab timbulnya jerawat batu. Debu kotoran melekat pada wajah dengan sangat kuat karena adanya minyak. Karena minyak ini pula, debu terperangkap dalam pori-pori. 

Secara otomatis, sistem tubuh memberikan perlawanan terhadap benda asing. Tubuh mengaktifkan sel-sel pertahanannya. Oleh karena itu terjadi infeksi (jerawat batu) dan kulit -- dimana debu terperangkap di dalamnya menjadi medan "pertempuran" antara sel-sel pertahanan tubuh dan benda asing -- adalah korban dari pertempuran ini. 

Selain karena kotoran, jerawat batu bisa juga karena timbul karena adanya ketidakseimbangan hormon. Biasanya dikarenakan konsumsi obat-obatan. Pil KB dan obat-obatan kontrasepsi lainnya merupakan contoh obat-obatan yang mengandung hormon sintetis. 

Cara Mengatasi Jerawat Batu

Sesungguhnya jerawat batu sangat mudah diobati. Sifatnya hanyalah sangat sementara. Lalu bagaimana mengobati atau menghilangkan jerawat batu? 

Pertama-tama jangan pernah malas untuk langsung membersihkan wajah begitu tiba di rumah selepas berpergian. Membasuh wajah dengan sabun sudah cukup menetralisir minyak juga membersihkan wajah dari kotoran. Langkah ini bisa mencegah terjadinya jerawat batu. 

Bila sudah terlanjur timbul jerawat batu, membersihkannya akan mempercepat penyembuhan. Kuman atau bakteri mati akibat unsur yang dikandung sabun. Hanya dalam beberapa hari kemudian, jerawat batupun akan hilang. 

Selanjutnya, jika ingin lebih cepat lagi gunakanlah jeruk nipis. Usap perlahan jerawat batu dengan jeruk nipis. Penggunaan pasta gigi-pun bisa menghilangkan jerawat batu. Oleskan sedikit pasta gigi pada bintik jerawat batu Diamkan beberapa jam. Bisa juga dibiarkan seharian. 

Perlu dicatat, gunakan pasta gigi putih bukan pasta gigi berbentuk gel. Jangan gunakan pasta gigi jika kulit Anda bertipe kulit sensitif. 

Nah, mudah sekali kan mengenali penyebab jerawat batu dan cara menghilangkannya. 






Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »