Obat Herbal Diabetes Alami

Perlu diketahui apa yang dimaksud mengobati penyakit diabetes adalah menurunkan kadar gula dalam darah, bukan benar-benar menyembuhkan tubuh menjadi normal seperti sedia kala. 

Namun begitu, apabila penderita penyakit diabetes dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuhnya, ia dapat beraktivitas secara normal. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan pengobatan diabetes dari berbagai sisi, yaitu:

  • Menghindarkan diri dari penyebab diabetes melitus
  • Mengobati diabetes melitus dengan Asupan Nutrisi
  • Mengurangi Kadar Gula Darah

Obat Herbal Diabetes

Mayoritas penderita diabetes merupakan penderita diabetes melitus tipe 2. Hampir 90-95% dari pengidap diabetes menderita penyakit kencing manis tipe ini. Oleh karena pengobatan pertama adalah dengan cara menghindari penyebabnya. 

#1: Kurangi Karbohidrat, Kurangi Gula Darah

Karena penyebab tingginya kadar gula darah adalah karbohidrat, maka perlu mengurangi asupan karbohidrat ke dalam tubuh. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi biasanya berasal dari jenis padi-padian. Seperti nasi atau gandum. 

Sedikit saja karbohidrat yang dikonsumsi, akan menaikan gula darah karena tubuh sudah tidak bisa mengolahnya secara benar. Mengkonsumsi karbohidrat sama saja dengan mengkonsumsi racun bagi para penderita penyakit diabetes. 

Karbohidrat bisa menambah berat badan. Sebagaimana kita ketahui orang-orang yang memiliki berlebihan berat badan memiliki resiko tinggi karena penyakit diabetes. 

#2: Hindari Gula, Hindari Penyebab Diabetes 

Inilah yang sangat penting. Penderita penyakit diabetes atau kencing manis harus menghindari berbagai jenis gula hasil dari sulingan. 

Diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula darah. Oleh karena itu tidak boleh mengkonsumsi gula. Menghindari penyebab penyakit sama saja dengan mengobati. 

#3: Sayuran adalah Obat Herbal Diabetes

Obat herbal diabetes terbaik adalah sayur mayur. Inti dari asupan obat herbal diabetes mengurangi karbohidrat, menambah nutrisi dan gizi. 

Sayur mayur memang masih memiliki kadar karbohidrat, namun dalam jumlah yang sangat rendah. Yang tidak kalah pentingnya kandungan vitamin dan mineral. Vitamin mineral ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. 

Sedapat mungkin mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung Vitamin C dan E. Dua vitamin tersebut merupakan penangkal radikal bebas. Seperti diketahui, radikal bebas merupakan penyebab dari berbagai gangguan dan penyakit tubuh. 

#3: Obat Herbal Diabetes dari Kulit Manggis

Kulit manggis dapat dikatakan sebagai buah ajaib berkenaan dengan kandungan berbagai zat di dalamnya. Manfaat luar biasa sudah digunakan di belahan dunia untuk berbagai hal: mengenyalkan kulit, menghaluskan kulit, sebagai anti bakteri, obat kanker, sebagai antioksidan terbaik, dan lain sebagainya. 

Kulit manggis mengandung banyak unsur penting seperti polifenol dan berbagai unsur xanthone. 

Para peneliti IPB memberikan cara bagaimana cara mengkonsumsi kulit manggis. Pisahkan isinya. Bersihkan kulit manggis. Lalu pisahkan kulit manggis dari kulit kerasnya dengan menggunakan sendok. 

Lalu Anda bisa gunakan blender untuk menghaluskannya. Saring dan minum airnya. Bisa juga dicampur dengan madu. 

Rasa dari kulit manggis ini tidak pahit. Rasanya manis bercampur sepet. Biasakan minum dua gelas sehari, pagi dan sore hari. Anda bisa merasakan manfaatnya secara langsung. 

Catatan: Obat herbal diabetes dari kulit manggis ini berdasarkan pengalaman penderita karena kandungan antioksidannya. Adapun hasil penelitian menggunakan kulit manggis sebagai anti bakteri, anti infeksi, dan obat kanker. 

#4: Obat Herbal Diabetes Tradisional - Kaji Beling

Keji Beling sebagai Obat Herbal Diabetes
Obat Herbal Diabetes dari Keji Beling

Tanaman kaca beling dipercaya sebagai obat herbal diabetes dan batu ginjal. Keji beling merupakan tanaman pekarangan yang mudah di dapat karena bisa ditumbuh subur di mana saja. 

Adapun unsur yang dikandungnya adalah kalsium karbonat. Keji beling juga memiliki unsur penting seperti ferum, fosfor, kalsium, natrium, dan kalium. 

Selama ini keji beling lebih banyak digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit yang berkaitan dengan gangguan ginjal, melancarkan ekskresi. 

Dengan lancarnya ekskresi dan metabolisme tubuh lainnya membuat tubuh lebih bugar serta terjaga kesehatannya. 

#Buah Mahoni

Obat herbal diabetes lainnya yang sering digunakan masyarakat tak lain adalah buah mahoni. Buah mahoni rasanya sangat pahit, ini kemungkinan karena banyaknya kandungan kalium, natrium, dan kalsium. 

Hanya saja tidak seperti keji beling yang dapat tumbuh dengan mudah dan cepat, mahoni memerlukan waktu lama dalam tumbuh kembangnya. 

#Kulit Pohon Widara

Air rebusan kulit pohon widara juga digunakan oleh para penderita diabetes melitus untuk mengurangi kadar gula darah. Pohon ini biasanya ditanam di pinggir-pinggir jalan sebagai peneduh. Kulitnya berwarna merah dan rasanya pahit. 

Seluruh obat herbal diabetes tersebut sebenarnya berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah. Sehingga meskipun menderita kencing manis, si penderita tetap bisa menjalani kehidupan sehari-hari secara normal. 

Perlu diketahui, sampai saat ini belum ditemukan obat yang benar-benar menyembuhkan. Semua obat, baik obat herbal maupun kimia, bertujuan untuk menurunkan kadar gula darah. 

Semoga artikel mengenai obat herbal diabetes ini bisa menambah wawasan Anda tentang diabetes atau kencing manis. Sekali lagi perlu diingat, mencegah lebih baik daripada mengobati!


Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »