Ciri-Ciri Penyakit Diabetes

Ciri-ciri penyakit diabetes agaknya penting untuk dikenali karena dari hari ke hari penderita diabetes semakin banyak. Angka-angka statistik sangat mengejutkan. Di Indonesia saja peningkatannya sekitar 30%  per tahun. Bahkan data WHO merilis penderita diabetes bisa mencapai 50% per tahun di seluruh manca negara. 

Itulah sebabnya kita seringkali menemukan orang dengan diabetes di sekitar, tetangga, teman, bahkan keluarga. 

Maka dari itu penting bagi kita mengenali ciri-ciri penyakit diabetes melitus atau kencing manis. Apa saja ciri-ciri diabetes? Ada dua cara untuk mengenali apakah seseorang terjangkit diabetes ataukah tidak. Pertama dengan pemeriksaan laboratorium. Kedua, dengan melihat gejala-gejala yang tampak dengan kasat mata. 

Pertama kita harus melihat gejalanya terlebih dahulu sebelum ke ciri-cirinya. Karena apabila ada gejala menuju penyakit diabetes, masih ada kesempatan untuk menghindarinya. 
Ciri-ciri penyakit diabetes yang paling umum adalah sering buang air kecil, haus, dan lapar
Ciri-Ciri Penyakit Diabetes: Sering Kencing, Haus, dan Lapar

GEJALA TANDA DIABETES

Yang kami maksud dengan gejala adalah suatu keadaan yang menciptakan kemungkinan terserang penyakit diabetes lebih besar. 

Perlu diketahui, gejala atau tanda-tanda di bawah ini bukanlah ciri-ciri penyakit diabetes, melainkan baru sebatas gejala. Apabila pola hidup diubah menjadi pola hidup sehat, maka gejala itu akan hilang dengan sendirinya. Dan kemungkinan terjangkit diabetes melitus semakin kecil. 

Sebaliknya apabila seseorang tidak mengubah gaya hidupnya menjadi gaya hidup sehat, maka besar kemungkinan terserang penyakit kencing manis/diabetes melitus. 
  • Berat badan yang semakin berlebihan
  • Mengalami hipertensi atau penyakit darah tinggi
  • Kolesterol tinggi
  • Tidak melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat).
  • Ada anggota keluarga atau saudara yang pernah mengalami diabetes melitus.
  • Khusus untuk wanita, pernah mengalami diabetes gestasional atau kencing manis sewaktu mengandung/hamil.
  • Pernah melahirkan anak bayi dengan ukuran berat badan tidak normal. Biasanya lebih dari empat kilogram. 
  • Mengalami ketidakseimbangan glukosa darah. 
Semua daftar di atas merupakan gejala yang membuat kemungkinan-kemungkinan terjangkit diabetes. 

CIRI-CIRI PENYAKIT DIABETES

Adapun ciri-ciri penyakit diabetes atau kencing manis adalah sebagai berikut.

  • Poliura - Poliara adalah gejala ciri penyakit diabetes yang paling umum pada penderita diabetes melitus; yaitu suatu keadaan dimana seseorang buang air kecil dalam frekuensi yang tinggi. Beberapa penderita mengatakan bahwa dalam satu malam ia bisa buang air kecil lebih dari 20 kali. Meskipun begitu, tidak semua penderita diabetes mengalami gejala poliura. 
  • Polidipsia - Polidipsia juga merupakan ciri penyakit diabetes lainnya yang mudah kenali, yakni keadaan seseorang yang selalu merasa haus. Oleh karena itu penderita diabetes selalu ingin minum lebih dari orang-orang normal. 
  • Polifigia - Jika Anda mengenal seseorang yang menderita diabetes, maka Anda mengetahui bahwa mereka selalu ingin sering makan, atau sebentar-sebentar merasa lapar. Inilah yang disebut dengan ciri polifigia, yaitu selalu merasa lapar. Polifigia ini menjadi buah simalakama bagi penderita karena di satu sisi mereka harus mengatur pola makan, di sisi lain merasa lapar terus menerus. 
  • Pandangan Kabur. Diabetes merupakan penyakit yang mengundang penyakit-penyakit lainnya yang berhubungan dengan saraf, ginjal, dan jantung. Oleh karena itu, gejala tampak yang mudah diketahui adalah pandangan kabur. Penyakit diabetes bahkan bisa menyebabkan katarak hingga kebutaan. 
  • Luka Susah Sembuh. Ciri lain penyakit diabetes adalah apabila penderitanya mengalami luka, maka sulit sekali untuk sembuh. Luka tersebut sampai menjadi koreng. Pada penderita yang sudah kronis tidak jarang dilakukan amputasi. Tapi sebenarnya ada cara untuk mengatasi luka, koreng, dan amputasi. Silakan lihat (cari) mengenai obat diabetes untuk menghindari amputasi di website ini. 
Itulah beberapa gejala paling umum sebagai ciri-ciri penyakit diabetes. 
Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »