Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Efektif

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun sebenarnya ada cara mengatasinya dengan cara yang cukup efektif. Yaitu dengan mengkonsumi kacang hijau. Paling mudah adalah dengan mengolahnya menjadi bubur. 

Mengkonsumi bubur kacang hijau satu mangkok setiap pagi dapat mencegah kaki bengkak. Sebagaimana diungkapkan Ibu Ana, "Pada bulan ke-5 biasanya mulai ada tanda-tanda kaki bengkak. Saya akan langsung mengkonsumsi bubur kacang hijau." 

Menurut pengakuan ibu muda ini, kaki bengkak saat hamil yang biasanya diderita oleh para wanita, dapat hilang apabila rajin mengkonsumi kacang hijau. Cara ini dinilai sangat efektif karena beliau sendiri mengalaminya secara langsung. 

Mengapa Kacang Hijau?

Menurut lulusan IPB Bogor ini, kacang hijau memiliki berbagai kandungan nutrisi. Tumbuhan dengan nama latin Vigna radiata ini kaya akan vitamin, protein, serat, mineral, dan omega 3. Selain itu, kacang hijau juga mengandung fosfor dan kalsium. 

Kacang hijau banyak mengandung Vitamin B1 sehingga metabolisme tubuh akan lancar. Vitamin ini berfungsi juga dalam penyerapan berbagai nutrisi ke dalam tubuh. Maka hal ini akan baik bagi perkembangan janin yang sedang dikandung. 

Asam folat merupakan vitamin penting lain yang ada pada kacang hijau. Tentunya semua ibu menginginkan anaknya menjadi anak yang pandai. Asam folat ini sangat baik bagi perkembangan otak. 

Sedangkan mineral yang dikandung kacang hijau berupa zat besi, magnesium, mangan, kalsium, fosfor, dan potasium. Berbagai mineral ini selain baik untuk kadar darah juga baik untuk ketahanan tulang. Sebagaimana diketahui, kebutuhan kalsium pada wanita lebih besar dibandingkan dengan laki-laki. Kekurangan kalsium bisa menyebabkan tulang keropos atau osteoporosis.

Tips Lain Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun sebenarnya ada cara mengatasinya dengan cara yang cukup efektif.
Ada beberapa cara mengatasi kaki bengkak di saat hamil yang biasa dilakukan oleh banyak ibu hamil. Tentunya hal ini sangat baik dilakukan untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil secara lebih komprehensif.

Pertama-tama, Anda harus mengurangi konsumsi garam. Jadi Bunda yang gemar dengan makanan asin, segera kurangi asupan garam. Apalagi yang sudah terdiagnosa hipertensi atau darah tinggi. Bila Anda mengurangi asupan garam, maka Anda sudah bisa mencegah kaki bengkak. Perlu juga memperhatikan kondisi kesehatan bagi wanita yang mengidap penyakit, seperti diabetes.

Olahraga juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi kaki bengkak. Dengan olahraga, cairan berupa keringat akan keluar. Hal ini memperlancar metabolisme tubuh. Toksin atau racun keluar bersamaan dengan keluarnya keringat.

Lakukan olahraga ringan, berjalan-jalan santai di pagi hari. Lebih baik lagi apabila ditemani oleh suami. Karena menurut penelitian, kehadiran suami (Ayah) sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan janin maupun kondisi emosional si ibu.

Hal lainnya yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah menjaga cara duduk Anda. Usahakan juga kaki berada lebih tinggi daripada jantung. Hal ini membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hindari berdiri terlalu lama. Karena beban tubuh ketika hamil lebih berat daripada di waktu normal. Berilah kaki Anda penyangga ketika tidur dengan bantal atau lainnya yang dirasa nyaman.

Nah, itu lah beberapa cara mengatasi kaki bengkak saat hamil.


Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »