Manfaat Tidur Siang Luar Biasa Bagi Otak

Tidur siang ternyata memberikan dampak positif bagi otak. Orang-orang yang terbiasa tidur siang selama 15 hingga 20 menit sehari kualitas memori otaknya sangat baik. 

Penelitian di Cina menyebutkan bahwa tidur siang dapat membuat daya serap anak-anak sekolah semakin baik. Mungkin karena itu mereka mewajibkan para siswanya tidur siang. 

Beberapa manfaat tidur siang lainnya adalah sebagai berikut:
  • Menajamkan Memori (Daya Ingat)
  • Membuat Mood Positif
  • Menyegarkan Otak
  • Istirahat 
  • Meningkatnya kinerja jantung
  • Meningkatkan level kebahagiaan
  • Menurunkan tingkat stress
  • Meningkatkan Daya Konsentrasi
Tokoh-tokoh besar dunia ternyata melakukan tidur siang juga. Di antara mereka adalah Albert Einstein, Winston Churcill, Thomas Alva Edison, atau J.F Kennedy. 

Tidur Siang Menghindarkan Anda dari Burnout Disorder

Tidur siang meningkatkan kinerja otak, mengaktifkan gelombang alpha, dan menghindar dari gangguan burnout disorder
Apa itu burnout disorder? Pemain serial Abad Kejayaan yakni Meryem Uzerli mengidap penyakit ini. Bagi Anda yang belum tahu apa itu burnout disorder bisa baca artikel tersebut yang saya tulis sebelumnya: Pemeran Hurrem Mengidap Burnout Disorder. 

Burnout Disorder terjadi ketika kapasitas jiwa seseorang tidak dapat mengatasi beban kerja. Keletihan, stress berkepanjangan, target yang harus dicapai...semua itu dapat mengakibatkan burnout apabila tidak diimbangi daya tahan yang kuat. 

Sekuat apapun kita memerlukan istirahat. Tubuh secara otomatis akan mengajak kita untuk beristirahat, ditandai dengan mengantuk, turunnya kewaspadaan, dan mungkin rasa sakit kepala. 

Tidur Siang Meningkatkan Produktivitas 

Karena tubuh kembali bugar, maka kinerja otak juga meningkat. Sehabis tidur siang selama 20 menit, tubuh kembali mendapatkan energi baru. Selain itu, mood juga akan semakin baik. 

Orang yang letih mudah sekali emosional. Maka dari itu, mengambil manfaat dari tidur siang sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak Anda. Meskipun Anda seorang yang bersemangat dalam kerja, tetap saja akan lebih baik beristirahat sejenak dan membiarkan otak rileks. 

Mengaktifkan Gelombang Alpha

Manfaat dari tidur siang  yang membuat tubuh kembali segar adalah dikarenakan otak berada di gelombang Alpha. Ketika seseorang berada di gelombang alpha, maka biasanya tumbuh kreativitas, daya pikir lebih jernih, lebih mudah berbahagia, bersyukur, konsentrasi yang tinggi, dan keheningan dari dalam. 

Kualitas otak ketika berada di gelombang alpha bisa didapatkan dengan mudah melalui tidur siang. Hanya saja jangan terlalu tidur siang. Apabila terlalu lama, gelombang otak bisa masuk ke theta sehingga ketika bangun justru membuat Anda kurang bergairah.

Untuk menghindari hal itu gunakan jam beker. Tetapi apabila sudah terbiasa dengan sendirinya tubuh memiliki jam sendiri untuk membangunkan Anda. 










Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »