Sinopsis Cerita King Suleiman Lengkap

Pengantar Sinopsis King Suleiman

Serial King Suleiman rupanya menjadi salah satu trending topic di dunia maya. Lagi-lagi, ANTV menghadirkan hiburan kelas dunia ke rumah-rumah pemirsa. Setelah Serial Kolosal Mahabrata, diikuti dengan beberapa serial lainnya: Jodha Akbar, Hatim, dan Mahadewa, kini segera hadir serial dari Turki: King Suleiman.

Dikatakan sebagai serial kelas dunia, karena King Suleiman ANTV merupakan serial laris di berbagai belahan dunia. Mulai dari Eropa, Amerika, Afrika, dan Asia. Detil sinematografi dan kekuatan karakter sangat terasa pada setiap pemainnya. 

Kelebihannya dibandingkan dengan serial India yang selama ini tayang adalah kesan natural pada setiap tokoh dan jalan cerita. Kualitas memang menjadi hal utama. Bahkan seleksi casting pemain berjalan hingga delapan bulan, seperti pada tokoh Aleksandra. 

Pada iklan-iklan mengenai King Suleiman, ANTV menyatakan serial tersebut ditayangkan selama 2 jam tanpa jeda. Artinya tidak ada selingan iklan komersil selama penayangannya. Ini juga merupakan salah satu cara menyuguhkan kualitas kepada pemirsa. Setiap saluran televisi yang menayangkannya memang harus memenuhi syarat ini. 

Syarat tanpa iklan selama 2 jam dimaksudkan agar para pemirsa mengerti serta memahami karakter tokoh-tokoh dalam cerita. 

Sinopsis Yang Salah

Ketika saya mencari sinopsis King Suleiman, banyak sekali yang salah menuliskan cerita tersebut. Ada yang menceritakan tentang kisah Nabi Sulaiman dengan Ratu Saba. Padahal cerita King Suleiman berlatar belakang masa kekhalifahan Usmaniyyah (Ottoman). 

Oleh karena itu, agaknya perlu untuk menyuguhkan sinopsis dan cerita lengkap King Suleiman untuk membantu pemirsa mengerti jalan ceritanya.

Bagaimana kisah alam megaserial King Suleiman menyihir jutaan penonton?

Yang Pelu Anda Ketahui

Jika Anda menyukai sejarah, Anda akan mengetahui bahwa Raja Suleiman merupakan Sultan Turki dari dinasti Usmaniyyah yang ke-10. Beliau adalah raja yang disegani di daratan Eropa. Beberapa penaklukan di Eropa Eropa, Asia Barat, Persia, dan Afrika adalah bukti kejeniusan beliau sebagai seorang penguasa.

Sejarah mencatat bagaimana Raja Suleiman dapat menjatuhkan serta menaklukan Siria, Hongaria, Serbia, Albania, Bulgaria, daerah-daerah seperti Italia dan sekitarnya. Pertempuran-pertempuran sengit dengan bangsa Eropa mencuatkan rasa takut kepada bangsa Eropa. Kejatuhan Hongaria mengukuhkan Kesultanan Usmaniyyah sebagai penguasa Eropa kala itu. 

Bukan sekedar melakukan penaklukan, Raja Suleiman sangat pandai membuat undang-undang. Dan pembuatan undang-undang untuk mengatur masyarakatnya diwariskan hingga berabad-abad lamanya ke seluruh daerah kekuasaannya. 

Tidak mengherankan mengapa kaum Barat menggelarinya dengan Suleiman The Magnifecent; Raja Suleiman Yang Luar Biasa. 

Beliau juga bisa menuturkan berbagai bahasa. Setidaknya 5 bahasa ia kuasai dengan sangat baik, diantaranya Bahasa Persia, Turki, Arab, Serbia dan Chagatai. 

Kirim Pasukan ke Aceh

Singgungan Raja Suleiman dengan Nusantara adalah ketika beliau mengalahkan Portugis. Jalur-jalur perdagangan kala itu banyak dikuasai organisasi bersenjata, termasuk yang dilakukan oleh Portugis. 

Raja Suleiman akhirnya dapat mengamankan jalur Laut Merah yang sebelumnya berada di bawah Portugis. Itulah juga sebabnya, ketika pada tahun 1564, Kesultanan Aceh meminta bantuan untuk mengusir penjajah Portugis, beliau mengirimkan pasukannya. Pengiriman militer ini mendukung sangat membantu Aceh dalam mengalahkan para penjajah. 

Cerita King Suleiman di ANTV Adalah Fiksi


Seperti serial Jodha Akbar, Cerita King Suleiman diinspirasi oleh ceritanya nyata. Namun demikian,
Sinopsis lengkap king suleiman www.bloggericav.blogspot.com
keduanya, baik Jodha Akbar maupun King Suleiman merupakan cerita fiktif. Cerita tersebut tidak dasarkan pada riset maupun penelitian mendetail seperti pada serial "Omar." 

Setting sejarah dan nama-nama tokoh yang mengacu pada tokoh-tokoh yang hidup pada masa Raja Sulaiman I Kesultanan Usmaniyyah, memang mengesankan bahwa ceritanya berdasarkan kisah nyata. Namun sekali lagi perlu diingat bahwa cerita tersebut bukanlah didasarkan pada kenyataan. 

Setting Sejarah, Bukan Cerita Islami

Meskipun Kekhalifan Ottoman merupakan budaya Islam, namun pada cerita King Suleiman ANTV, bukanlah cerita bernafaskan Islam. Kisah-kisah, scene, dan etika yang ada padanya bukan hanya tidak sesuai dengan ajaran Islam, bahkan bertentangan. 

Oleh karena itu pula banyak pihak yang memprotes kehadiran serial ini. Pemirsa harus mengerti bahwa di dalamnya tidak ada pesan-pesan agama Islam dan tidak pula menggambarkan ajaran Islam sesungguhnya. Jika Anda menginginkan gambaran Islam yang sesuai dengan ajaran serta fakta sejarah, ada baiknya menonton serial "Omar." 

Cerita King Suleiman Lengkap

Cerita King Suleiman merupakan mega drama dari Turki yang judul aslinya Muhtesem Yuzyil. Serial ini menangguk sukses besar hampir di seluruh negara yang menayangkannya. Serial ini dibagi menjadi beberapa season. 

Kisah ini dimulai dengan ambisi King Suleiman muda untuk mendirikan kekhalifahan yang lebih kuat daripada yang pernah dilakukan oleh Aleksander Agung (mitologi Barat). Bersama temannya ia akhirnya melakukan penaklukan besar hampir ke seluruh peradaban dunia waktu itu. Pargali Ibrahim adalah temannya yang oleh King Suleiman dipanggil sahabat, saudara, dan penasehat. 

Selanjutnya, kisahnya lebih menekankan pada hubungan-hubungan antara anggota kesultanan. Dalam hal ini adalah mengenai rivalitas dan romantika cinta sang Raja. Kisahnya menjadi menarik ketika hadir tokoh Hurrem Sultan (Aleksandra yang diperankan Meryem Urzeli). Kemungkinan tokoh ini merupakan bayangan dari tokoh asli yang bernama Roxalena. 

Sinopsis Season I

Cerita ini diawali oleh peperangan dimana King Suleiman menaklukan Ukraina. Di sanalah Aleksandra (Meryem Urzeli) tertangkap. Ia adalah seorang anak dari pendeta. Dalam penangkapan itu - Ayah, Ibu, dan saudara perempuannya - terbunuh semua. Hanya tunangannya saja yang dapat melarikan diri dari penangkapan itu. Akhirnya ia dan sahabat dekatnya (Maria) dibawa ke Turki.

Sesampainya di Istana King Suleiman, Aleksandra mengetahui seandainya ia menjadi hatun terbaik maka ia bisa merebut posisi sultanah. Selain itu, ia harus bisa memberikan seorang putera kepada King Suleiman. Dengan melakukan itu semua, ia bisa memerintah dunia.

Ceritanya menarik karena di sini mulai muncul perselisihan antara Aleksandra (Hurrem) dengan istri pertama, yaitu Mahidevran. Kedatangan Aleksandra memercikan api cemburu Mahidevran. Hingga pada suatu ketika, Aleksandra dipukul olehnya. Setelah mengetahui kebenarannya, King Suleiman marah besar.

Ceritapun berlanjut. Aleksandra hamil. Berita kehamilan ini langsung disambut dengan pesta. Di sini pula terjadi keributan dimana Aleksandra jatuh sakit. Rupanya Mahidevran memberi racun pada makanan Aleksandra. Beruntung, ia masih bisa diselamatkan. Kejadian ini membuat Raja Suleiman tambah tidak suka pada istri pertamanya itu.

Sementara itu, di daratan Eropa terjadi pertempuran sengit. Penaklukan sedang dilakukan di Balgrade, Hungaria. Suami Victoria tewas terbunuh. (Cerita inipun diilhami oleh kisah nyata..) Ia sendiri pergi ke Konstatinopel untuk membalas dendam (selanjutnya ia dikenal dengan nama Sadika).

Pada kehamilan berikutnya, Aleksandra mengandung seorang anak perempuan. Kelahiran putri, yang diberi nama Mihrimah Sultan, juga dirayakan dengan pesta. Di saat-saat pesta ini pula terjadi keributan. Salah seorang hatun, Ayse, bertengkar dengan Aleksandra. Ayse berencana melakukan pembunuhan.

Cerita King Suleiman menjadi sangat menarik ketika Ayse tewas. Sadika membunuh Ayse karena Ayse memergoki atas sesuatu yang dilakukannya. Lanjut cerita, atas segala penyelidikan yang dilakukan justru Aleksandra-lah yang menjadi terdakwa. Sang Raja-pun menghukumnya dengan mengirimkan dia ke Istana Tua.

Kisah pada season I ini berakhir dengan kedatangan Leo (tunangan Aleksandra) yang pada akhirnya diketahui oleh Ibrahim Pasha, teman baik Sultan. Ibrahim Pasha meminta Aleksandra membunuh Leo dengan memberinya racun atau, apabila tidak melakukan itu, Ibrahim membuka rahasia hubungan antara Aleksandra dan Leo (yang menyamar menjadi seorang ahli seni).

Di hujung cerita season I, Sadika (Victoria, dari Hungaria) menemani Sultan Suleiman pada sebuah tenda. Pada saat itu, Victoria bermaksud melakukan rencananya untuk membalas dendam. Dan pisaupun sudah mengancam leher sang Sultan...


Saya kira sampai di sini dulu. Keseluruhannya ada empat season. Sengaja sinopsis cerita King Suleiman ini dibagi menjadi beberapa bagian agar lebih detil lagi. Terimakasih sudah membaca sinopsis cerita King Suleiman Lengkap, hanya di bloggericav bersama Gina. 

Baca juga: Pemeran Aleksandra Ratu King Suleiman


Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »