Wassily Kadinsky, Legenda Seniman Abstrak

Hari ini, 16 Desember, Google menampilkan profil mengenai seniman Rusia bernama Wassily Kadinsky. Agak penasaran memang. Sebagai pecinta seni, saya tentunya senang menikmati beragam karya-karya seni. 

Ketika melihat karya-karya Wassily Kadinsky, saya langsung jatuh cinta. Ia merupakan seniman dengan karya lukisan abstrak murni. 

Entah mengapa, semenjak masa sekolah dulu saya sangat menyukai coretan-coretan abstrak di selembar kertas. Bagi saya, setiap coretan memiliki makna terentu. Coretan-coretan abstrak merupakan media komunikasi, baik antara pelukis dengan dirinya sendiri maupun dengan orang lain. 

Saya sendiri lebih senang menyimpan berbagi ide dalam bentuk coretan dibandingkan dengan tulisan. Satu garis coretan dapat menyimpan beragam ide/gagasan. Meskipun sudah bertahun-tahun berlalu, saya dapat mengerti apa yang sebenarnya saya simpan dalam segaris coretan tersebut. Mungkin apabila dituangkan dalam bentuk tulisan bisa berlembar-lembar banyaknya. 


Menikmati Abstraksi Wassily Kadinsky


Sembari menulis, sejujurnya saya sangat menikmati lukisan Wassily Kadinsky. Perpaduan antara seni musik dan warna sangat terlihat jelas. Garis-garis lurus yang tegas membawa saya ke sebuah level perasaan tertentu yang berbeda. 

Hari ini, 16 Desember, Google menampilkan profil mengenai seniman Rusia bernama Wassily Kadinsky.Selama ini saya lebih terpikat oleh garis dan warna-warna yang "mengambang". Karya-karya Wassily Kadinsky lebih bernuansa piktogram, tentu saja mengkomunikasikan ide lain mengenai ketegasan, geometri, dan juga kemapanan mental.

Jika selama ini banyak seniman yang menguraikan kerisauan perasaannya di kanvas, justru saya menemukan ketegasan dan keberanian hidup pada setiap karya Wassily. Memang kita terkadang membutuhkan momen-momen refleksi diri dalam kehidupan ini. Terkadang kita juga memerlukan waktu tertentu untuk memanjakan diri sendiri. Akan tetapi, ketegasan jiwa itu lebih penting. 

Bagi saya, nilai penting dari ketegasan adalah agar melindungi jiwa dari berbagai kelemahan. Kharisma dan wibawa seseorang ditentukan oleh bagaimana cara berpikirnya. Jiwa yang tidak tegas, bagaimanapun akan sulit memimpin dirinya sendiri, terlebih orang lain.

Biografi Wassily Kadinsky

Biografi Wassily Kadinsky dapat dilihat di beberapa situs yang khusus dibuat untuk dirinya. Sayangnya lebih banyak dalam bahasa Inggris. Wikipedia-pun sudah menuliskan biografi master seni abstrak ini meskipun tidak komprehensif. 

Ia lahir di kota Moskow pada tanggal 16 Desember 1866. Namun demikian beliau lebih banyak menghabiskan masa hidupnya di Jerman. Di negara ini pula keahlian seninya berkembang. 

Perubahan yang paling mendasar adalah gaya lukisnya yang awalnya fluida menjadi piktogram. Ia banyak menulis berbagai dan menghasilkan berbagai teori. 

Teori-teorinya diterima kalangan akademis dan masyarakat luas. Selanjutnya berkembang sepanjang abad 20. Beliau sendiri mendapat kehormatan sebagai Bapak Seni Abstrak lantaran berbagai karyanya, baik lukisan maupun pemikiran-pemikirannya.