Makanan Untuk Darah Tinggi Terbaik

Makanan untuk darah tinggi sangat penting untuk diketahui sebab data mengenai penderita darah tinggi atau hipertensi menunjukan adanya peningkatan signifikan. Penyakit tekanan darah tinggi bisa dikatakan sebagai silent killer. Karena tekanan darah yang melebihi ambang normal menyebabkan berbagai penyakit lainnya, terutama yang berkaitan dengan jantung dan otak. 

Selain melakukan pengobatan bersifat farmakologi - biasanya dengan pemberian diuretika, beta-bloker, Kalsium Antagonis, Alfa Bloker, dan sejenisnya - pengobatan alamiah sangat membantu untuk menormalkan kembali tekanan darah. 

Dan tentu saja selain pengobatan, kita tidak boleh mengabaikan faktor pencegahan. Gaya hidup merupakan salah faktor terpenting dalam menangani masalah tekanan darah tinggi. 

Hindari Makanan Berikut Ini

Ada banyak faktor penyebab darah tinggi, di antaranya
  • Keturunan
  • Gaya Hidup
  • Makanan
  • Kegemukan
  • Rokok
  • Alkohol
  • Stress
Berkaitan dengan makanan, maka kita harus mengetahui makanan apa saja yang menyebabkan meningkatnya tekanan darah tinggi. Dengan mengetahui jenis makanan tersebut, kita dengan sendirinya dapat menghindari konsumsi makanan tersebut. 

Lalu jenis makanan apa saja yang perlu dihindari penderita darah tinggi?
  1. Makanan Dengan Kadar Garam Tinggi
  2. Makanan Yang Banyak  Mengandung Kolesterol
  3. Makanan Dengan Kafein
  4. Alkohol

Garam

Jangan lupa untuk memberikan porsi besar pada sayuran dalam menu diet Anda. Sayuran hijau juga baik sebagai makanan untuk darah tinggi. Ketika saya masih sekolah, saya tinggal dengan bibi yang mengidap penyakit darah tinggi. Untuk menurunkan tekanan darah tingginya, beliau mengurangi asupan garam. Setiap masak, beliau tidak mengurangi garam. Jika memakai garam, kadarnya sangat sedikit.

Pada mulanya saya tidak terbiasa dengan hal tersebut. Akan tetapi lambat laun sayapun terbiasa dengan makanan tanpa garam.  Justru ketika mengkonsumi makanan dengan kadar garam tinggi, saya tidak menyukainya. 

Dengan begitu jika saat ini Anda belum terbiasa dengan makanan tanpa garam, biasakanlah. Ini bukan masalah selera atau tidak. Hanya masalah kebiasaan. 

Berkurangnya asupan garam sangat berarti bagi kesehatan jantung dan ginjal. Karena apabila asupan garam tidak terjaga, maka tekanan darah semakin tidak terkendali. 

Kolesterol

Setelah garam, penyebab lain darah tinggi adalah kolesterol. Oleh sebab itu sudah pasti kita harus menghindari makanan-makanan penyumbang meningkatnya kadar kolesterol. 

Beberapa contoh makanan sumber kolesterol:
  1. Kuning telur
  2. Hati
  3. Telur burung puyuh
  4. Cumi-cumi
  5. Jeroan kambing
  6. Jeroan sapi
  7. Santan 
  8. Belut
  9. Gajih Sapi dan Kambing
  10. Ayam
  11. Udang
  12. Olahan Daging (termasuk sosis)
Daftar makanan di atas merupakan penyumbang kolesterol dengan kadar tinggi. Oleh karena kolesterol dapat memicu darah tinggi, sudah saatnya meninggalkan daftar makanan tersebut dari menu makan Anda. 

Makanan Penyebab Kegemukan

Makanan penyebab kegemukan bukan saja karena  mengandung lemak. Makanan dengan tingkat karbohidrat tinggi juga bisa menyebabkan kegemukan. 

Mengapa demikian? Karena orang-orang dengan obesitas/kegemukan lebih rentan terserang tekanan darah. Berat badan melebihi 30% dari berat badan ideal masuk kategori berbahaya bagi kesehatan. 

Kafein

Kafein memang memiliki beragama manfaat seperti menangkal radikal bebas, mengurangi nyeri ketika sakit kepala, dan mempercepat daya pikir. Akan tetapi, bila Anda mempunyai riwayat darah tinggi sebaik tinggalkan kafein. 

Efek kafein yang terkandung pada teh ataupun kopi berakibat buruk terhadap kesehatan penderita gangguan darah tinggi. Kafein tersebut bisa memicu meningkatnya tekanan darah. 

Alkohol

Hindari juga alkohol untuk menjaga tekanan darah. Tidak dipungkiri, konsumsi alkohol berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh secara umum. Tidak hanya tekanan darah tinggi, alkohol memicu berbagai gangguan kesehatan. 

Beragam gangguan kesehatan akibat alkohol di antaranya gangguan jantung, darah tinggi, hepatitis, menurunkan kecerdasan, dan masih banyak lagi. 

Makanan Untuk Darah Tinggi

Sejauh ini kita telah mengetahui jenis-jenis makanan yang memberikan dampak buruk terhadap tekanan darah. Maka, makanan untuk darah tinggi adalah makanan yang tidak mengandung garam dan kolesterol. 

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah antisipatif berkaitan dengan makanan untuk darah tinggi. 
  • Makanan rendah lemak
  • Makanan rendah kolesterol
  • Mengurangi asupan garam
Dengan begitu, segala jenis makanan sangat baik untuk tubuh selain makanan dengan kategori di atas. Sedapat mungkin menambah asupan gizi dalam makanan Anda. 
  • Makanan kaya serat
  • Makanan dengan kandungan vitamin
  • Makanan dengan kandungan antioksidan
Semua makanan yang bernutrisi akan menyehatkan tubuh.Pola makan yang sehat sangat efektif dalam mencegah berbagai penyakit. Berikut beberapa contoh makanan untuk darah tinggi.

Buah-Buahan

Sebagaimana kita ketahui, buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral. Mengkonsumsi buah-buahan secara teratur dapat menambah daya kekebalan tubuh dan melancarkan metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, buah-buahan sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. 

Cobalah, misalnya, mengkonsumsi pepaya atau pisang di pagi hari. Sangat baik apabila Anda mengkonsumsinya selepas bangun tidur. Selain asupan vitamin, pepaya atau pisang dapat melancarkan proses pencernaan. Pencernaan yang sehat membawa impak besar terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Sayuran Mayur

Jangan lupa untuk memberikan porsi besar pada sayuran dalam menu diet Anda. Sayuran hijau juga baik sebagai makanan untuk darah tinggi. 

Sayur mayur yang mengandung kalium, kalsium, magnesium, dan berbagai vitamin dapat menurunkan darah tinggi. 

Karena banyaknya manfaat sayuran bagi kesehatan, maka sayuran termasuk daftar makanan untuk darah tinggi yang tidak boleh Anda lewatkan. Biasakan mengkonsumsi sayuran setiap hari. 

Kunyit Putih

Kunyit putih bukan hanya menurunkan tekanan darah tinggi. Lebih dari itu, kunyit putih dapat mengobati darah tinggi. Beragam penelitian menunjukan keajaiban kunyit putih. Bahkan selain darah tinggi, kunyit putih dapat juga menyembuhkan kanker sebagaimana yang dialami oleh Ibu Betti dan dr. Eko Wahjuni. 

Saya juga memiliki tetangga yang dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi (menormalkan) hanya dalam waktu 2 minggu. Jelas sekali cara ini sangat efektif bahkan dibandingkan berbagai obat farmasi yang sudah ada. 

Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel obat darah tinggi mujarab secara alami


Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »