Cara Mencegah Jerawat

Memahami cara mencegah jerawat merupakan upaya merawat kecantikan. Wanita perlu mengetahui hal-hal seperti ini. Wajah bebas jerawat menambah kepercayaan diri. Selain itu, timbulnya jerawat bisa membuat mood kurang baik. Tentunya terlepas dari semua itu, wajah tanpa jerawat merupakan wajah sehat dambaan semua orang. 

Bagaimana cara mencegah jerawat yang efektif? Ini tergantung kepada jenis-jenis kulit. Satu obat bisa sangat baik mencegah jerawat, tetapi ketika dipakai oleh orang lain justru menambah banyak jerawat. 

Oleh karenanya artikel berikut ini mencoba menuliskan perihal jerawat secara komprehensif. Sehingga akan menambah wawasan mengenai cara pencegahan jerawat secara benar. 

Cegah Jerawat Dengan Mengetahui Jenis Kulit

Sangat penting mengetahui jenis kulit sebelum Anda memberikan perawatan dalam bentuk apapun. Ini merupakan langkah pertama dalam mencegah timbulnya jerawat. Sebuah produk perawatan bisa efektif untuk seseorang, namun tidak efektif bagi orang lain. Tentu saja hal ini disebabkan perbedaan jenis kulit. 

Adapun jenis-jenis kulit pada umumnya terbagi menjadi:


  1. Kulit Normal
  2. Kulit Kering
  3. Kulit Berminyak
  4. Kulit Kombinasi
  5. Kulit Sensitif

1. Kulit Normal 

Tektur kulit normal relatif lebih kenyal juga lentur. Jika Anda mengusap wajah dengan tissue, tidak ada bekas minyak. Inilah jenis kulit yang paling ideal. Kulit normal jarang sekali mengalami gangguan. Oleh sebab itu, wajah kulit normal terlihat lebih bersih, bercahaya, dan tidak kusam.

Cara mencegah jerawat yang timbul pada kulit jenis ini sangatlah mudah. Lebih mudah dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Dengan sedikit perawatan biasa, tidak ada lagi masalah. 

2. Kulit Kering

Yang paling kentara dari kulit kering adalah kulit terlihat pecah-pecah. Orang dengan kulit kering seringkali terlihat seperti baru bangun dari tidur. Padahal tidak demikian. Jenis kulit ini juga tidak meninggalkan jejak minyak jika diusap dengan tissue. 

Orang berkulit kering bisa merasakan kulitnya keras. Kulit jenis ini termasuk yang rentan terserang jerawat. Perawatan ekstra harus dilakukan untuk mencegah jerawat. Dan tentunya agar wajah terlihat lebih muda. Karena pada tipe kulit ini, wajah bisa terlihat lebih tua daripada yang sebenarnya. 

3. Kulit Berminyak

Tipe kulit berminyak sangat mudah dikenali. Permukaannya terlihat mengkilap. Jika Anda menyeka wajah dengan tissue, akan terlihat banyak jejak minyaknya. Selain itu, pori-pori kulit terlihat besar. 

Jenis kulit ini paling rentan terkena masalah. Orang yang berkulit dengan jenis ini seringkali memiliki masalah komedo, jerawat, infeksi, dan apabila tidak ditanggulangi bisa menjalar ke kulit kepala. Dampaknya terlihat pada rambut: semakin tipis. 

4. Kulit Kombinasi 

Kulit jenis ini merupakan kombinasi antara kulit berminyak dan tidak berminyak. Pada kulit berminyak, area berminyak merata pada wajah maka pada jenis kulit kombinasi minyak hanya ada pada area dahi dan hidung. Sedangkan pipi dan lainnya tidak mengeluarkan minyak berlebih. 

5. Kulit Sensitif

Yang terakhir adalah jenis kulit sensitif. Pada jenis kulit ini, mudah sekali terjadi iritasi. Orang dengan kulit sensitif memiliki bercak-bercak kemerahan pada wajahnya. Perawatan pada kulit sensitif lebih sulit dibandingkan jenis kulit lainnya. 

Oleh karenanya, yang paling baik untuk merawat kulit sensitif adalah meminta saran dari dokter. Karena perawatan tanpa cukup pengetahuan bisa menambah parah gangguan kulit, terutama pada wajah. 

Cara Mengetahui Jenis Kulit Anda

Sebelum memutuskan cara terbaik apa untuk mencegah jerawat, cobalah test terlebih dahulu apa jenis kulit Anda. Test mengetahui jenis kulit sangat-lah mudah. Tidak perlu berbagai alat canggih. Anda hanya memerlukan cermin untuk test sederhana ini. 

Caranya:
  • Tempelkan wajah Anda pada cermin
  • Dahi, hidung, dan dagu berada dalam satu garis lurus. Tiga titik ini harus menyentuh permukaan cermin.
  • Setelah itu miringkan wajah Anda. Pastikan pipi kanan dan pipi kiri menekan permukaan cermin 
Kulit berminyak: Pada cermin terlihat bekas minyak
Kulit Kering: Tidak meninggalkan jejak minyak.
Kulit Kombinasi: Jejak minyak hanya terlihat pada bekas dahi dan hidung (area T)
Kulit Kering: Untuk kulit kering tidak bisa menggunakan test ini. 

Cara Mencegah Jerawat Kulit Berminyak

Orang dengan kulit berminyak lebih banyak dibandingkan dengan kulit kering atau sensitif. Oleh karena itu banyak produk-produk kecantikan dan kosmetika yang ditujukan untuk kulit berminyak. 

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh orang dengan kulit berminyak adalah jerawat dan komedo. Lalu bagaimana cara mencegah jerawat pada kulit berminyak?
  • Gunakan sabun biasa untuk membersihkan wajah
  • Mandi setelah bangun tidur pagi.
  • Mandi sore hari.  Mandi sudah cukup menetralisir kadar minyak pada wajah. 
KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN 
  • Sering membasuh wajah - Meskipun kadar minyak sangat banyak, jangan terlalu sering membasuh wajah. Minyak akan "hilang" ketika dibasuh. Namun hal ini semakin meningkatkan kadar minyak wajah. Tubuh memiliki cara kerjanya sendiri. Ketika ada bagian tubuh yang kekurangan zat tertentu, tubuh akan mengirim zat tersebut. Ketika wajah Anda ditafsirkan kekurangan minyak oleh tubuh, maka tubuh akan menambahkan minyak. 
  • Sering menggunakan produk anti-minyak - Dari beberapa pengalaman orang dengan kulit berminyak, cara mereka mencegah jerawat adalah dengan menggunakan produk yang menetralisir kadar minyak. Justru sebenarnya hal ini jangan dilakukan berlebihan. Semakin "kering" wajah Anda dari minyak, akan semakin banyak minyak yang keluar dari pori-pori. 
Cara Mencegah Jerawat dan Menetralisir Minyak yang terbaik adalah dengan membasuh wajah sewajarnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengirim pesan kepada metabolisme tubuh bahwa kadar minyak wajah dalam keadaan seimbang. 

Dengan begitu, tubuh tidak lagi meningkatkan kiriman minyaknya pada wajah. Perlu diingat, cara ini - membasuh wajah sewajarnya -- memang tidak langsung serta merta mengurangi kadar minyak. 

Namun apabila Anda konsisten, dengan sendirinya kadar minyak sedikit demi sedikit akan berada di ambang normal. Jerawat dan berbagai permasalahan lainnya otomatis juga akan menghilang dengan sendirinya. 

Bahkan jika bisa hindari produk wajah yang dikhususkan mengurangi kadar minyak. Mungkin Anda pernah mengalaminya, ketika memakai produk anti jerawat atau anti-minyak, justru membuat jerawat bermunculan semakin banyak lagi. Bahkan ada yang tadinya berwajah mulus, ketika menggunakan produk perawatan malah tumbuh jerawat. 

Hal ini memang karena dengan "mengeringkan" wajah dari minyak, akan menambah kadar minyak. Dengan banyaknya minyak, pori-pori semakin besar. Pori-pori yang besar menjadi perangkap debu. Akhirnya debu tidak ikut terbersihkan ketika wajah dibasuh. Inilah yang mengakitbatkan terjadinya komedo (minyak yang mengeras) dan jerawat. 

Cara Mencegah Jerawat Pada Kulit Kering

Cara mencegah jerawat terbaik pada kulit kering adalah dengan asupan gizi yang baik, terutama Vitamin C dan antioksidan lainnya. Kulit kering bisa disebabkan karena berbagai faktor, baik faktor dari luar maupun dari dalam. 

Adapun cara mencegah jerawat dan merawat kulit kering adalah sebagai berikut:
  • Gunakan sewajarnya produk-produk kosmetik yang creamy
  • Sering mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan Vitamin C, seperti mangga, jambu biji, dan jeruk.
  • Beri suplemen dengan antioksidan seperti dengan kulit manggis
Para wanita seringkali mencari cara mencegah jerawat dengan aneka macam resep atau ramuan yang dibubuhan di kulit wajah. Akan tetapi sebenarnya asupan gizi untuk kulit lebih penting ketimbang sekedar produk-produk dengan penggunaan di luar. 

Pada dasarnya, semua jenis perawatan adalah perawatan sekunder. Yang utama adalah bagaimana membuat kulit sehat, lentur, dan kenyal. Dan tidak ada cara lain kecuali dengan asupan makanan bergizi, seperti:
Apa ciri Anda memiliki kulit sehat? 
  • Kulit mulus dan halus
  • Kenyal lentur
  • Bibir berwarna merah secara alami
  • Bola mata terlihat bersih bercahaya
  • Terlihat warna merah pada kelopak mata
Nah, demikian artikel mengenai cara mencegah jerawat. Sekarang kita mengatahui bahwasannya cara mencegah jerawat yang komprehensif meliputi pencegahan dari luar, pencegahan dari dalam, dan menyehatkan kulit. 


Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »