Obat Peninggi Badan Alami Dari Makanan Minuman

Obat peninggi badan banyak dicari oleh banyak orang, khususnya di negara Indonesia. Memiliki tinggi badan yang ideal sangat menunjang penampilan juga menumbuhkan kepercayaan diri. 

Tinggi badan sangat dipengaruhi oleh pertumbuhan tulang. Badan yang sehat akan membuat pertumbuhan tulang berjalan dengan baik. Sedangkan badan yang kurang sehat mempengaruhi pula terhadap lambatnya pertumbuhan tulang. 

Sebelum usia 20 tahun, pertumbuhan tulang masih terjadi dengan pesat. Hormon pertumbuhan sangat aktif pada di rentang usia tersebut. 

Tentu saja banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tulang. Antara lain faktor genetik, nutrisi, dan pola hidup. 

Meskipun banyak yang menawarkan obat peninggi badan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu hal perihal pertumbuhan tulang: faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tinggi badan.

Faktor Heredetik/Genetik

Faktor genetik atau turunan berpengaruh besar terhadap tinggi pendeknya tubuh kita. Genetik itu sendiri merupakan informasi yang tersimpan dalam kromosom. Di dalam gen kita, terdapat berbagai informasi mengenai diri kita: apa warna kulitnya, seberapa tinggi ideal yang dapat kita capai, bagaimana jenis rambut, dan lain sebagainya. 

Tidak terkecuali informasi mengenai tinggi  badan kita. Apabila kita termasuk keturunan orang-orang jangkung, baik dari pihak ibu maupun dari pihak ayah, kemungkinan besar kitapun akan memiliki tinggi badan yang cukup semampai. 

Orang-orang Afrika dan Eropa memiliki postur yang tinggi karena lahir dari ayah ibu yang berpostur tinggi. Meskipun asupan gizi ataupun faktor lainnya kurang memadai, karena faktor genetik inilah tinggi badan mereka lebih dari ras manusia lainnya. 

Faktor Nutrisi

Obat peninggi badan terbaik adalah nutrisi. Asupan nutrisi sangat berpengaruh terhadap perkembangan tulang, dan tentunya tinggi badan. 

Perkembangan yang terlihat sangat pesat karena asupan gizi dari susu sangat memadai. Begitu pula, anak-anak yang pola makannya sehat akan memiliki postur tinggi yang tinggi pula. 

Berbagai protein sangat dibutuhkan selama masa perkembangan. Begitu pula dengan kalsium, vitamin, juga mineral. Seluruh zat-zat tersebut akan dapat membantu menambah tinggi badan seseorang.

Penduduk di negara-negara Asia yang cukup makmur dari segi materi, seperti Jepang, relatif tinggi dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Ini juga disebabkan oleh faktor asupan nutrisi. Minum 2 gelas susu dalam sehari sebenarnya sudah cukup untuk meninggikan badan. Kebiasaan minum susu di negara-negara maju adalah faktor yang membuat pertumbuhan tulang bekerja dengan optimal. 

Olahraga

Jika Anda suka berolahraga, maka itu adalah obat peninggi badan alami. Dengan olahraga, metabolisme tubuh bekerja. Sebagaimana hasil peneletian di Amerika, ketika tubuh kita mengeluarkan banyak energi maka tubuh juga akan memerlukan asupan energi yang lebih besar lagi. 

Tulang-tulang yang bekerja lebih keras secara otomatis akan menyerap berbagai nutrisi. Sehingga dengan begitu pertumbuhan tulang menjadi lebih pesat. 

Olahraga-olahraga ringan, seperti berjalan kaki dan jogging, sangat bermanfaat untuk meniggikan badan. Apalagi misalnya Anda menyukai berenang. 

Berenang merupakan jenis olahraga yang menggerakan hampir seluruh otot tubuh. Mulai dari pundak, punggung, dada, perut, paha, lengan, dan kaki. Jika memungkinkan berenanglah minimal 1 minggu sekali. 

Istirahat yang Berkualitas

Bagaimana cara meningikan badan secara alami?
Yang dimaksud dengan istirahat berkualitas adalah tidur teratur dan nyenyak. Ketika kita tidur, kita tidak beraktivitas apapun sehingga energi tubuh terkumpul untuk memperbaiki kinerja sistem metabolisme. 

Begitu pula dengan hormon-hormon pertumbuhan. Pada waktu tidur, hormon pertumbuhan aktif bekerja di dalam tubuh. Namun perlu diperhatikan, tidur yang berkualitas-lah yang bisa dianggap sebagai obat peninggi badan. 

Tidur berkualitas memang merupakan kunci untuk hidup sehat, mendapatkan kulit yang cerah, dan mencegah berbagai macam penyakit. Rata-rata manusia dewasa memerlukan 7-8 jam tidur agar mendapatkan kualitas yang baik. Tetapi ini bukan patokan ketat. Kualitas tidur sebenarnya ditentukan oleh seberapa rileks tubuh dan pikiran kita sewaktu tidur. 

Sehingga, ketika bangun kitapun akan merasa lebih bugar, mood terasa baik, dan pikiran kembali segar. Pada tidur yang berkualitas, tidak ada gelisah maupun pikiran-pikiran yang mengganggu.


Daftar Makanan, Sayuran, dan Minuman Sebagai Obat Peninggi Badan

 Makanan Dengan Kalsium Tinggi

Kalsium merupakan zat yang paling bertanggung jawab atas pertumbuhan maupun kekuatan tulang. Oleh karena itu, jangan sampai mengesampingkan asupan nutrisi terutama kalsium. Selalu tambahkan makanan yang mengandung kalsium. 

Ingat, kadar kalsium pada manusia dewasa (20 tahun) berkurang setiap hari sebanyak 1%. Apabila tidak memperhatikan asupan kalsium, mengakibatkan osteoporosis. Sedangkan pada usia 50 tahun, kadar kalsium semakin menyusut lagi, bisa mencapai hingga 30%. 

Berikut ini beberapa daftar bahan makanan yang mengandung kalsium tinggi. 

Makanan 


1. Ikan Teri

Ikan teri sangat baik untuk asupan kalsium tubuh. Sumber-sumber kalsium-nya ada tulang-tulang. Ketika kita makan teri, kitapun makan tulangnya sehingga kalsium yang terkandung dalam teri tidak terbuang. 

2. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan kalsium yang tinggi pula. Sayangnya, di negara kita agak sulit mendapatkan ikan salmon kecuali dalam kemasan - ikan kaleng. 

Diketahui bahwa ikan salmon memiliki protein yang tinggi pula, terutama pada bagian kepala. Anda bisa bayangkan, beruang yang bertumbuh besar dapat mencukupi kebutuhan kalsium dan proteinnya hanya dari salmon-salmon yang mereka tangkap. 

3. Ikan Sarden

Mengkonsumi ikan sarden satu dalam seminggu sebenarnya sudah mencukupi kebutuhan kalsium. Pada masa-masa pertumbuhan, penyerapan kalsium oleh tubuh akan semakin cepat. 

Ikan sarden sudah banyak beredar di pasar. Sehingga tidak begitu sulit menemukannya. Meskipun demikian, mengkonsumsi ikan segar akan lebih baik guna menghindari berbagai zat pengawet.

Sayuran

Beberapa jenis sayuran memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Daripada mencari obat peninggi badan yang mahal, lebih baik mengkonsumi sayuran-sayuran berikut ini. Kandungan yang ada pada sayuran ini sama dengan berbagai obat peninggi badan yang sudah ada. Jangan lupa memberi porsi sayuran secukupnya untuk makan besar Anda. Sayuran juga dapat mencegah jerawat sehingga membuat wajah tampak berseri. 

1. Bayam

Masih ingat film kartun Popeye? Dalam kartun tersebut, si tokoh utama mempunyai kekuatan. Rahasianya pada bayam. Bayam merupakan sumber yang cukup baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Tidak kurang dari 19% kandungan kalsium yang pada bayam. 

2. Lobak

Selain bayam, kandungan kalsium pada lobak tergolong tinggi. Maka bila Anda ingin menambah tinggi badan, konsumsilah sayuran ini setiap hari. Selain itu, lobak mengandung vitamin A yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. 

3. Brokoli

Kandungan kalsium pada brokoli sejauh ini dianggap yang tertinggi dari jenis sayuran. Kadarnya dapat mencapai 180 mg. Oleh karena itu, mengkonsumsi brokoli dapat meningkatkan asupan kalsium yang pada akhirnya bisa menambah tinggi badan. 

Selain itu, sayur-sayuran mengandung serat sehingga dapat melancarkan pencernaan. Selain serat, vitamin-vitamin yang ada pada sayuran membuat tubuh Anda ternutrisi secara baik. 

Minuman


1. Yoghurt

Yoghurt adalah susu yang difermentasi. Oleh karenanya, kandungan-kandungan utama dalam susu ada pada yoghurt. Beberapa penelitian membuktikan dengan konsumsi yoghurt setiap hari dapat melancarkan proses pencernaan. 

2. Susu Sapi

Kandungan kalsium susu sapi sangat tinggi. Para pakar kesehatan sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi susu, terutama susu jenis UHT (ultra high temperature). Kelebihan dari kalsium susu adalah mudah diserap oleh tubuh. Dibandingkan dengan berbagai jenis sumber lainnya, susu merupakan sumber kalsium yang paling optimal. 

3. Susu Kambing

Kadar kalsium pada susu kambing lebih tinggi daripada susu sapi. Jika menginginkan anak-anak Anda memiliki postur badan tinggi, berilah susu kambing. Inilah susu terbaik untuk obat peninggi badan. 

Buah-Buahan

Kadar kalsium pada buah-buahan memang tidak begitu banyak. Namun tidak ada salahnya mengkonsumsi buah-buahan. Berikut ini daftar buah-buahan yang mengandung kalsium. 
  • Pisang
  • Manggis
  • Pepaya
  • Jambu
  • Alpukat
  • Delima
  • Pir
  • Strawberry
Carilah yang paling mudah didapatkan di sekitar Anda. 

Bantu Kalsium Terserap Optimal

"Kalsium memang 'obat' peninggi badan. Namun perlu zat lain untuk membuatnya terserap tubuh," ujar Anna N pakar gizi lulusan IPB. Oleh karena itu perlu juga mengkonsumsi zat lain agar kalsium tidak terbuang secara percuma. Apa saja zat-zat yang dapat membantu penyerapan kalsium? 

Vitamin D adalah zat pembuka agar kalsium bisa terserap oleh tubuh. Oleh karena itu, asupan Vitamin D sangat diperlukan dalam proses peninggian badan.  Berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 15 menit bisa menghasilkan Vitamin D. Paparan sinar matahari yang mengenai kulit membentuk vitamin ini. Selain asupan Vitamin D, Anda juga perlu menghindari zat-zat yang dapat menghambat tinggi badan:
  • Alkohol
  • Kafein
  • Junk Food
Itulah beberapa cara sebagai obat peninggi badan alami. 

Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »