Rahasia Juragancipir Menjadi Blogger Profesional

Juragancipir.com merupakan salah satu acuan bagi para blogger di Indonesia. Gina sendiri banyak belajar bagaimana menulis yang baik. Memang passion dalam menulis tidak serta merta dapat menjadikan diri kita sebagai penulis yang piawai. 

Juragancipir.com banyak disukai oleh pembacanya. Tentu hal ini merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh semua penulis. Lalu apa sebenarnya rahasia juragancipir dalam menulis? 

Setidaknya ada beberapa rahasia menarik dalam menulis yang dapat kita tiru dari juragancipir, yaitu:
  • Memberi manfaat
  • Unik
  • Personal

Giving Value

Sebagaimana ilmu marketing di era digital, memberi manfaat merupakan pendekatan yang paling efektif. Dalam bahasa kerennya "giving value". 

Apapun yang memberi manfaat pasti akan dicari dan dipilih oleh customer. Jika tulisan kita benar-benar dapat membantu pembaca, pembaca bukan sekedar menyukai, namun lebih dari itu mereka akan memerlukannya. 

Pendekatan dengan giving value merupakan trend di zaman ini. Memang pada tahun-tahun yang lalu seseorang bisa dengan mudah menawarkan produk. Namun untuk zaman kita sebaiknya kita meninggalkan metode seperti itu. 

Gina berikan contoh. Salah satu bank besar di negeri ini selalu mengiklankan "dapatkan poin" dengan bertransaksi e-mobile. Tentu saja cara ini merupakan salah satu cara agar konsumen menggunakan aplikasi yang nantinya akan menghasilkan tingkat enggagment yang tinggi. 

Coba bandingkan seandainya bank tersebut membuat aplikasi di mana di dalamnya terdapat berbagai informasi, misalnya mengenai cara investasi terbaik, mengelola keuangan, atau tanya jawab antara konsumen dengan para ahli. 

Bila Anda sebagai konsumen, mana yang Anda pilih? Kita semua pasti memilih yang memberikan manfaat. Itulah arti dari giving value. 

Menguak Rahasia Menjadi Blogger Profesional dari juragancipir


Unik

Hal lain yang kita temui dalam tulisan-tulisan juragancipir.com adalah keunikannya. Yang dimaksud unik di sini bukanlah karena isinya yang eksentrik atau sensasional. Justru tulisan-tulisan itu sederhana dan  bersahaja. Keunikannya terletak dari gaya bahasa yang dipakai. 

Ia menggunakan bahasa yang mengalir apa adanya, tanpa dibuat-buat. Justru inilah yang membuatnya dianggap unik oleh mesin pencari. 

Memang ada zaman dimana google memperbolehkan artikel-artikel copas. Sekarang sudah bukan waktunya lagi. Bahkan tulisan-tulisan rewrite-pun tidak akan sebaik tulisan original yang unik. Google terus menerus memperbaiki cara menelusuri konten dengan cara yang lebih baik. 

Kehadiran google panda dan penguin sudah membuktikan bagaimana para penulis orisinil mendapatkan berkah dari keduanya. 

Lalu bagaimana agar tulisan kita unik dan orisinil? 
  • Gunakan bahasa sendiri
  • Tulis artikel sesuai tingkat kemampuan kita
  • Tulislah dengan gaya penulisan ilmiah
Untuk poin terakhir -- menulis dengan gaya penulisan ilmiah -- merupakan hal paling penting. Terlebih apabila tulisan kita mengambil dari berbagai sumber. Mengapa demikian? Kita perlu ingat, bahwa lahirnya google itu sendiri berdasarkan asumsi ilmiah. Begitu pula dengan pagerank dan segala hal yang berkaitan dengannya. 

Dalam tataran tulisan ilmiah akademik, sebuah karya akan dianggap baik apabila menjadi referensi bagi karya-karya lainnya. Inilah poin penting yang akhirnya kita kenal dengan istilah backlinks. Pemikiran ini merupakan desertasi si pencipta google di kampusnya. 

Apa lagi ciri dari penulisan ilmiah? Yaitu mencantumkan sumber link. Banyak webmaster yang sangat pelit membuat outbond links. Mengurangi nilai page rank, katanya. Padahal webmaster kelas dunia seperti Neil Pattel tidak sungkan-sungkan menuliskan link sumber tulisannya. Bahkan ia menyarankan pembaca untuk membaca karya-karya lain yang senada meskipun bukan tulisannya. 

Dalam penulisan ilmiah, sumber bacaan atau referensi merupakan hal penting. Setiap kata, definisi, ataupun pemikiran yang dipaparkan harus memiliki sumber yang jelas. Karena setiap pendapat hanya akan dianggap pendapat -- bukan fakta -- apabila belum ada yang menelitinya. 

Personal

Blog juragancipir memiliki nuansa personal. Hal ini merupakan salah satu faktor yang menghasilkan tulisan-tulisan yang conversational. Meskipun blog Anda berada di bidang yang profesional, gaya bahasa personal tidak akan mengurangi nilai blog. Keuntungan lainnya adalah kita akan terlepas dari berbagai gaya bahasa orang lain. 

Nah, itulah tiga rahasia dalam tulisan-tulisan juragancipir. Tiga poin ini saja sudah cukup menjadi bekal bagi penulis pemula. 

Bagaimana Gina Menulis? 7 Langkah Dalam Menulis 

Pada dasarnya Gina memang mempunyai passion dalam menulis. Meskipun begitu, beberapa hal mendapat perhatian lebih sebelum menulis. Tujuannya agar tulisan Gina menjadi lebih baik dari ke hari. Apa saja poin-poin penting dalam menulis menurut Gina?
  1. Niat Yang Tulus
  2. Penguasaan Materi
  3. Memberi Value
  4. Cara Menyampaikan Value
  5. Melengkapi Blog Yang Sudah Ada
  6. Fokus Menulis
  7. SEO Dasar

#Niat Yang Tulus

Ini-lah hal terpenting. Niat merupakan rahasia yang memberikan ruh pada tulisan-tulisan kita. Setiap pembaca memiliki hati dan intuisi. Meskipun tidak bisa membaca pikiran dan hati orang lain, namun kita semua bisa merasakan ketulusan niat seseorang, meskipun itu hanya lewat tulisan. 

Tulisan-tulisan yang memiliki niat dan kejujuran di dalamnya menciptakan suatu "telepati" dimana pembaca-pun dapat merasakan kesungguhan dari penulis. Hal ini pada akhirnya akan menciptakan trust atau kepercayaan.

Sedangkan tulisan tanpa ketulusan akan terasa kering. Cobalah Anda rasakan perbedaan tulisan-tulisan dari website yang hanya menawarkan produk-produk, atau lebih mudahnya bila Anda pengguna media sosial seperti facebook atau twitter, rasakan perbedaan status mereka. Antara orang yang statusnya hanya menawarkan barang dan status orang yang membangun hubungan baik dengan Anda. 

Oleh karena itu, perhatikan niat Anda sebelum menulis. 

#Penguasaan Materi

Penguasaan materi juga faktor yang Gina perhatikan sebelum menulis sebuah topik. Karena dengan menguasai suatu materi, bahasa kitapun akan semakin luwes. Ujung-ujungnya pembaca akan betah membaca tulisan kita. 

Memang kita bisa memaksakan untuk menulis suatu topik di luar kemampuan kita. Namun hasilnya tidak mungkin memuaskan. Dampak yang paling kuat adalah runtuhnya kepercayaan pembaca. Hal ini sangat merugikan dalam jangka waku panjang. 

Lebih baik fokus menguasai satu bidang. Adapun langkah-langkah yang bisa diambil di antaranya:
  • Banyak Membaca
  • Menulis Topik yang Familiar
  • Menulis dari Pengalaman
  • Menulis Opini
Itulah 4 langkah rahasia mudah agar tulisan kita memiliki kekuatan tersendiri bagi pembaca. Hampir semua tulisan Gina di sini berkaitan langsung dengan pengalaman, baik yang dialami Gina maupun sahabat-sahabat, seperti mengenai bipolar disorder, indigo, kecantikan, dan diabetes melitus

#Memberi Value

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memberi value merupakan hal penting dalam hal apapun. Di manapun, kita akan dibutuhkan orang lain apabila kehadiran kita memberikan value atau manfaat. Dalam berteman, di dunia kerja, bertetangga, dan lain sebagainya. 

Orang-orang yang handal adalah orang-orang yang memberi manfaat, Inilah yang dicari oleh berbagai pihak. Dalam dunia blogging dan tulis menulis, manfaat merupakan nomor satu. Ada ungkapan "Content is king. A great content is great king." Konten yang hebat adalah konten yang paling banyak memberi manfaat kepada pembacanya. 

Percayalah. Konten bermanfaat itu akan membuat pembaca menjadikan Anda referensi apabila sewaktu-waktu mereka membutuhkan informasi pada bidang yang Anda kuasai. Para ahli dan blogger profesional bukan hanya memberikan tulisan bergizi, tetapi bersamaan dengan itu sesungguhnya mereka membangun sebuah komunitas karena pembacanya akan kembali untuk mendapatkan informasi berharga.

#Melengkapi Blog Yang Sudah Ada

Mindset menguasai satu topik tertentu agaknya menjadi ciri khas dari banyak penulis pemula. Oleh sebab itu kita banyak menemukan tulisan-tulisan yang kurang bermutu karena penulisnya memang memaksakan diri. Padahal tidak menguasai topik tersebut.

Sedangkan rahasia para blogger/penulis pro adalah melengkapi topik-topik yang sudah ada sebelumnya. Mindset seperti ini lebih baik daripada mindset menguasai topik tertentu. 

Kita ambil contoh mengapa kita selalu memiliki kesempatan melengkapi blog yang sudah ada. Misalnya banyak orang mencari informasi mengenai kelebihan kekurangan HTML5. Setelah membaca topik itu, ada sebagian yang membutuhkan informasi mengenai:
  • Contoh template html5
  • Cara menjadikan template menjadi html5
  • Membuat FP-like yang valid html5
  • Masa depan html5 dalam 10 tahun mendatang
Nah, itulah celah dimana kita bisa memberikan konten berharga kepada pembaca tadi. Anda akan menemukan mindset seperti ini pada blog pro, seperti juragancipir. Penulisnya tidak merasa bersaing dengan blog dengan tema sama. Justru pada beberapa kesempatan, menyarankan untuk mengunjungi blog "saingan." Kenapa? Karena memang ia sendiri tidak memahami semua persoalan meskipun temanya sama.  Gunakanlah mind-mapping agar Anda lebih cepat menemukan berbagai celah untuk dilengkapi. 

#Fokus Menulis

Blogger Pro yang sudah mencicipi pengalaman 4 hingga 5 tahun lebih biasanya memfokuskan diri pada menulis. Fokus atau konsentrasi memang bukanlah hal mudah bagi sebagian blogger. Tumpukan informasi di internet menjadikan pikiran mudah terdistraksi. 

Penulis pemula seringkali teralihkan karena hal-hal sepele yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Padahal seperti di katakan Google, konten adalah faktor paling menentukan. Jika konten merupakan unsur terpenting, mengapa Anda tidak menyediakan waktu untuk fokus membangun konten berkualitas. Dan tidak ada konten bermutu bila Anda tidak menulis. Jadi fokuslah menulis. 

#SEO Dasar

Para blogger pro tidak terlalu memusingkan berbagai hal berkaitan dengan SEO. Kita hanya perlu ilmu dasar SEO dasar untuk menjadikan blog hebat. 

Apa yang terpenting dalam SEO? 

4 Hal paling penting dalam SEO Optimization, yaitu:
  • Judul
  • Meta Description
  • Konten
  • Link
Cobalah Anda cek score SEO blog-blog ternama. Mungkin Anda terkejut karena score SEO-nya bisa sangat rendah. Blog Kang Ismet atau Juragancipir yang sudah sangat terkenal (di bidang SEO dan blogging) pun tidak memiliki tingkat score yang tinggi. Oleh karena itu, jangan pernah dipusingkan oleh hal-hal njlimet berkenaan dengan SEO. Saya rasa cukup bagi para blogger mengikuti saja cara dan rahasia juragancipir menjadi blogger profesional. 

Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »