Halit Ergenc, Pemeran Raja Suleiman: Abad Kejayaan

Pada artikel saya sebelumnya, Profil Para Pemain King Suleiman; Abad Kajayaan, telah disinggung profil Halit Ergenc, pemeran Raja Suleiman. Ia memang masuk dalam jajaran aktor kawakan di negara Turki. 

Popularitasnya tidak sebatas negara Turki saja. Negara-negara di Asia Selatan dan Eropa Timur sangat mengenal sosok yang piawai dalam dunia akting ini. 

Latar belakang kehidupannya memang menarik. Ia tidak dibesarkan dengan berbagai fasilitas maupun kemewahan. Masa lalunya dilalui dengan berbagai perjuangan dan kerja keras. 

Pada mulanya ia ingin menjadi seorang pelaut. Iapun kuliah di Technical University mengambil jurusan Marine Engineer. Akan tetapi di sisi lain, Halit Ergenc menyukai dunia seni. Ia mengikuti pelatihan-pelatihan opera di Mimar Sinan University. 

Tidak dapat membagi energi dan tenaga, akhirnya ia drop out dari Technical University. Gairahnya terhadap seni semakin besar. Beberapa pekerjaannya sangat kental dengan dunia seni, seperti opera, menyanyi, juga menari. Ia sempat tercatat sebagai pendukung penyanyi ternama negeri Turki, yaitu Aisha Pekaan. 

Sukses di Dunia Teater

Foto Halit Ergenc Abad Kejayaan
Bakat musiknya memang sangat terlihat jelas. Di samping musik, bakatnya sangat menonjol dalam dunia opera maupun serial TV. Beberapa judul serial TV membuatnya mendapatkan perhatian dari para kritikus. 

Film "My Father My Son" meroketkan namanya di belantara industri camera shooting. Film yang dirilis pada tahun 2005 merupakan jalannya menuju pencapaian-pencapaian lainnya yang lebih besar. 

Sebelum mencapai ketenaran melalui Muhtasem Yuzyil atau Abad Kejayaan, sederet film dan serial TV mengukirkan namanya sebagai aktor berkualitas tinggi. 
  • Kara Melek (1996)
  • Zerda (2002-2004)
  • Okul (2004)
  • Bambam ve Oglum (2005)
  • Tramvay (2006)
  • 1001 Gece (2006)
  • Devrim Alabari (2008)
  • Dersimiz Ataturk (2010)
  • The Magnificent Century/Abad Kejayaan (2011)

Memerangkan Raja Suleiman: Abad Kejayaan

Tidak dapat dipungkuri, perannya bersama Meryem Uzerli di Mega Serial Abad Kejayaan merupakan tonggak suksesnya. Melalui serial ini namanya banyak dikenal oleh pemirsa mancanegara. 

Dalam serial ini kepiawaiannya memerankan tokoh Raja Suleiman menjadikannya disukai oleh para penontonnya. Halit Ergenc memancarkan kharisma seorang penguasa besar. Dalam cerita tersebut, Halit Ergenc sebagai penguasa Ottoman yang menaklukan tiga benua: Eropa, Asia, dan Afrika bersama sahabatnya Ibrahim Pasha

Penaklukan berbagai daerah membuat Raja Suleiman disegani oleh lawan-lawannya. Selain menaklukan, Raja Suleiman juga seorang ahli pembuat undang-undang. Karena keahliannya ini pula ia dikenal sebagai "Lawgiver" atau Kanuni.

Abad Kejayaan sendiri merupakan serial TV Turki dengan biaya sangat mahal. Keindahan desainnya, kostum para pemain, dekorasi istana yang megah, semuanya dibuat sedemikian detil sehingga tidak mengesankan studio shooting...

Di Turki sendiri, Serial Abad Kejayaan mendapatkan banyak pro dan kontra. Tidak kurang dari 70.000 keluhan terhadap serial ini diterima pihak produksi. Demikian pula di negara-negara lainnya. 

Inti dari penolakan tersebut karena adanya pencampuradukan antara cerita fiksi dan sejarah Raja Suleiman. Dan yang menjadi sorotan lainnya adalah ketidaksesuaian budaya yang ditampilkan dalam film dengan budaya Ottoman yang sesungguhnya. 


Sumber: 


Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »